Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Mengecek Dana BOS yang Diterima Sekolah

Pada dasarnya dana BOS yang masuk kedalam rekening sekolah besaran anggarannya akan berbeda - beda, hal ini disebabkan karena jumlah pendapatan dihitung berdasarkan pada banyaknya jumlah siswa yang terdaftar disekolah tersebut dalam 1 (satu) tahun anggaran.

Berdasarkan juknis BOS yang terbaru yaitu Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah reguler, perhitungan satuan biaya perjenjang sekolah SD/SMP/SMA/SMB dan SDLB/SMPLB/SMALB diantaranya :

  1. SD sebesar Rp 800.000,00 untuk satu peserta didik selama satau tahun (12 Bulan);
  2. SMP sebesar Rp 1.000.000,00 untuk satu peserta didik selama satau tahun (12 Bulan);
  3. SMA sebesar Rp 1.400.000,00 untuk satu peserta didik selama satau tahun (12 Bulan);
  4. SMK sebesar Rp 1.600.000,00 untuk satu peserta didik selama satau tahun (12 Bulan); dan
  5. SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB sebesar Rp2 .000.000,00 untuk satu peserta didik selama satau tahun (12 Bulan).

Sebagai contoh pada sekolah dasar SD/MI memiliki jumlah peserta didik sebanyak 250 siswa, maka sekolah tersebut akan mendapatkan dana BOS sebesar Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) dalam satu tahun anggaran dengan prosentase tiap triwulannya yaitu 20%, 40%, 20%, dan 20%. Lalu bagaimana caranya apabila anda sebagai masyarakat atau orangtua dari peserta didiknya yang ingin mengetahui jumlah dana BOS tetapi tidak tahu pasti berapa jumlah siswa disekolah tersebut.


BACA JUGA :


Contoh Format SK Tim BOS Reguler Terbaru

Untuk menjawab pertanyaan ini, cara yang paling mudah yaitu dengan mengunjungi situs bos.kemdikbud.go.id/index.php. Bagi anda yang belum tahu carana, silahkan silahkan simak langkah - langkahnya dibawah ini :

Cara cek dana BOS yang diterima oleh masing - masing sekolah

Untuk mengetahui jumlah salur yang diterima oleh tiap - tiap sekolah, terlebih dahulu buka situs situs bos.kemdikbud.go.id/index.php.

  1. Pada dasboard utama BOS terdapat 4 (empat) menu yaitu masuk website, login provinsi, login kab/kota, dan login sekolah. Silahkan anda pilih menu "Masuk Website";
  2. Pilih opsi "penyaluran Dana", dan pilih pada "Laporan Penyaluran"
  3. Setelah anda memilih "Laporan Penyaluran", silahkan isikan perintah yang tertera seperti jenjang, status, provinsi, triwulan, kabupaten/kota dan tahun. Kemudian tekan tombol Submit seperti pada gambar berikut.



Pada gambar diatas, anda akan disuguhi tabel laporan pencairan dari jumlah salur pada tiap - tiap sekolah ditriwulan I tahun anggaran 2019.Silahkan cari nama sekolah anda atau tuliskan nama sekolah anda pada kolom "Search".

Selain mengetahui jumlah salur dana BOS, tabel diatas juga menyediakan informasi yang lainnya seperti laporan penggunaan dana sudah dilaporkan atau belum. Berhubung dana BOS triwulan 1 masih ada yang baru usul, kemungkinan laporan penggunaan dana akan terinput bulan depan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar