Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Menghapus Peserta BPJS yang Sudah Meninggal Dunia

Pada kasus ini adalah bagaimana cara mengurus peserta BPJS kesehatan bagi pesertanya yang sudah meninggal agar dinonaktifkan supaya peserta BPJS yang sudah meninggal dunia tersebut tidak lagi terkena biaya premi bulanan. Oleh sebab itu, pihak keluarga wajib melaporkan peserta yang meninggal tersebut ke kantor BPJS terdekat.

Apakah peserta BPJS kesehatan sama seperti asuransi kecelakaan apa bila korban/pasien meninggal dunia akan mendapatkan biaya santunan? Jawabannya adalah tidak. Karena jaminan yang diberikan oleh BPJS kesehatan hanya sebatas pada biaya pengobatan dan biaya perawatan saja ketika peserta masih hidup.

Prosedur Menonaktifkan Peserta BPJS Kesehatan yang Sudah Meninggal Dunia

Berikut ini adalah dokumen/persyaratan yang diperlukan dalam pelaporan peserta BPJS kesehatan yang sudah meninggal dunia:

  1. Membawa Surat Keterangan Kematian (SKK) yang diperoleh dari pihak Rumah Sakit tempat almarhum meninggal,
  2. Membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) almarhum,
  3. Mengisi formulir perubahan data peserta BPJS kesehatan yang meninggal dunia;
  4. Jika diwakilkan oleh orang lain, dalam artian bukan termasuk kedalam 1 (satu) KK yang sama. Maka wajib juga membawa KK si pengurus.

Apabila semua dokumen diatas sudah terpenuhi, apakah peserta yang meninggal tersebut masih memiliki tagihan yang belum dilunasi? Jika peserta yang meninggal masih memiliki tagihan, maka siapkan juga uang untuk melunasi tagihan yang belum dibayar tersebut.

Sekarang, silahkan anda datangi kantor BPJS kesehatan terdekat (disarankan untuk datang pagi - pagi agar tidak antri terlalu panjang) untuk mengambil nomor antrian ke bagian informasi atau bagian perubahan data. Jika ditanya keperluannya apa? jawab saja untuk menonaktifkan peserta BPSJ kesehatan yang sudah meninggal dunia.

Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai cara melaporkan peserta BPJS yang sudah meninggal dunia. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar