Skip to main content

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa Dicopy Paste

Panduan sederhana untuk melindungi file microsoft word anda agar tidak seenaknya dimodifikasi/edit maupun copy paste oleh sembarang orang tanpa izin.

Pada postingan yang lalu sudah saya bahas mengenai Cara mengunci file Word agar tidak bisa diedit sembarangan, namun pada bagian ini saya akan memberikan tips agar file atau dokumen yang berekstensi Word tidak dapat diedit maupun dicopy paste.

Sebetulnya langkah - langkahnya sama saja dengan panduan yang terdapat pada artikel cara mengunci file Word agar tidak bisa diedit sembarangan, namun ada satu perintah yang perlu anda rubah agar file anda tidak dapat dicopy paste maupun diedit.

Jika pada postingan yang lalu file anda hanya tidak dapat diubah - ubah namun tetap dapat dicopy paste. Oleh karenanya sekarang saya kembali memberikan tips agar file anda benar - benar terlindungi. Setidaknya jika ada yang mencuri file anda, mau tidak mau mereka akan menulis ulang kembali jika ingin menyalinnya.

Cara mengunci Word agar tidak bisa dicopy Paste/disalin maupun diedit

Cara mengunci file Word sangatlah mudah, anda dapat mengikuti langkah - langkahnya seperti yang ada dibawah ini. Untuk contohnya, saya menggunakan microsoft office versi 2010.

  1. Buka file atau dokumen anda yang akan dikunci, kemudian pilih Review dan cari kata Restrict Editing;
  2. Beri tanda contreng pada Limit formatting to a slection of style. Lalu beri tanda contreng juga pada Allow only this type of editing in the document dan pilih Filling in Form. Untuk yang lainnya abaikan saja;
  3. Tekan tombol Yes, start Enforcing Protection, maka akan tampil jendela baru. Silahkan anda tuliskan password penguncinya yang paling mudah diingat oleh anda. Tekan tombol OK.

Agar lebih jelas lagi, sudah saya sediakan panduan dalam bentuk gambar agar dapat anda praktekan step by step berdasarkan nomor urut.

Saya rasa sudah cukup jelas ya, namun jika masih bingung silahkan kirimkan komentar dibawah dan sebutkan juga point mana yang membuat anda bingung.

Untuk me-non aktifkan proteksinya, tekan tombol Stop Protection dan tuliskan nama passwordnya, dengan begitu file anda akan kembali normal dan dapat diedit atau disalin. Selamat mencoba....!!!


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT