Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

UPDATE, Cara Memasang Sitemap di Google Search Console Tema Baru

Sebelum saya lanjutkan, membuat sitemap di blogspot ada 1 (satu) hal yang harus anda perhatikan supaya tidak terjadi kesalahan dalam pemasangannya yaitu alamat urlnya, apakah url blog anda masih http:// atau https://. Kalau blog yang sudang memakai template AMP sudah dipastikan menggunakan ural https://.

Oh iya, mungkin anda berpikir kenapa harus memasang sitemap? apakah sitemap penting? Jawabannya tentu saja iya, alasannya supaya postingan cepat diindex oleh google. Sebetulnya tanpa memasang sitemap juga tidak apa - apa, hanya saja postingan/artikel yang baru dibuat terkadang suka lama terbaca di mesin pencarian google.

Sitemap diblog dengan url http://


http://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

Sitemap diblog yang sudah menggunakan url https://


https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml

BACA JUGA : Cara memeriksa url artikel baru agar cepat ter-index setelah memasang peta situs

Menggunakan blogspot maupun menggunakan domain TLD sama saja, yaitu pemasangannya harus disesuaikan dengan url-nya.

Memasang sitemap di google search console

Apabila anda sudah tahu sitemap dengan url mana yang sama dengan blog yang anda gunakan, sekarang saat melakukan pemasangan di search console. Berikut langkah - langkahnya :

  1. Buka akun Search console, kemudian pada dashboard utama dibagian index, pilih "Peta situs"
  2. Pada opsi tambahkan peta situs/sitemap, tuliskan url alamat blog anda secara lengkap. Contoh : https://berpusat.com/sitemap.xml, lalu tekan tombol MENYERAHKAN.

Setelah anda menekan tombol MENYERAHKAN, jangan lupa di refresh dengan menekan tombol CTRL + F5 untuk memastikan status keberhasilannya.

Jika anda memiliki postingan di halaman statis, anda juga dapat menambahkan sitemap dengan menuliskan perintah https://berpusat.com/sitemap-pages.xml di menu tambah situs baru, perhatikan dengan seksama gambar diatas supaya lebih paham.

Seperti yang sudah saya jelaskan diawal, jika anda memasang peta situs di search console, manfaat yang anda dapatkan ialah postingan artikel baru anda akan lebih cepat ter-index.

Anda juga dapat menambahkannya dengan "www" setelah https://apabila blog anda sudah menggunakan domain TLD sehinggan penulisan peta situsnya menjadi https://www.tjapkardus.com.

Itulah yang dapat disampaikan mengenai cara memasang sitemap di google search consoletema baru.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar