Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Informasi Penggunaan Aplikasi RKAS Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Sistem dari aplikasi RKAS ini nantinya akan terintegrasi secara nasional yang pastinya dapat digunakan untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam perencanaan, penganggaran, , pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban BOS serta sumber lainnya yang diterima oleh satuan pendidikan (sekolah).

Apakah dengan adanya aplikasi RKAS yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi ini dapat memudahkan pihak sekolah atau justru akan menghambat pencairan dana BOS, mengingat sudah sangat banyak pekerjaan yang dibebankan kepada operator sekolah?

Berikut ini merupakan isi dari surat edaran Ditjen Dikdasmen kepada kepala dinas pendidikan yang saya kutip dari laman http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id, yakni :

  1. Menugaskan tim BOS untuk dijadikan admin pengelola aplikasi manajemen RKAS per bidang SD/SMP/SMA/SMK/SLB;
  2. Masing - masing tim BOS provinsi melakukan pendaftaran melalui laman markas.dikdasmen.kemdikbud.go.id dengan melampirkan SK tim BOS yang telah ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang;
  3. Menugaskan tim BOS untuk menginput kode rekening yang telah ditetapkan oleh kepala daerah kedalam aplikasi manajemen RKAS, paling lambat sampai dengan tanggal 30 September 2019 serta mengirimkan file tersebut (dalam bentuk excel) ke rkas.dikdasmen@kemdikbud.go.id;
  4. Tim BOS berkoordinasi dengan BPKAD dalam rangka optimasi proses sosialisasi dan pemanfaatan laporan dari aplikasi manajemen RKAS;
  5. Mempersiapkan sosialisasi penggunaan aplikasi manajemen RKAS ke seluruh wilayah satuan pendidikan masing - masing; dan
  6. Menugaskan Kepala Sekolah untuk menggunakan aplikasi manajemen RKAS untuk kegiatan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, dan pertanggungjawaban BOS.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda unduh surat edaran yang dikelaurkan oleh ditjen dikdasmen yang terlampir dibawah ini:

DOWNLOAD
Surat Edaran Tentang Penggunaan Aplikasi Manajemen RKAS

Demikian yang dapat diinformasikan mengenai surat edaran ditjen dikdasmen tentang penggunaan aplikasi manajemen RKAS, semoga anda dapat mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada saat menginput RKAS yang berbasis web.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar