Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Entri Kehadiran Guru pada Aplikasi DHGTK V.2.1 Tahun 2019

Hayo siapa yang belum input data kehadiran di aplikasi DHGTK pada bulan ini dan bulan - bulan kemarin? Jika belum, sebaiknya langsung mulai dientri datanya dan bagi yang sudah entri data pada bulan kemarin sebaiknya anda lakukan kembali dari awal karena pada aplikasi yang terbaru ini yakni pada versi 2.1, hasil inputan sebelumnya akan kembali lagi keawal.

Tenang dan tak usah bersedih, karena memang seperti itulah resiko dari sebuah pekerjaan. Sama hal seperti pada saat melakukan entri data pada aplikasi dapodik, jika ada versi terbaru (bukan versi patch) dari aplikasi tersebut, tugas berat operator sekolah harus bisa memeriksa kembali hasil sinkronisasi untuk memastikan bahwa data yang diperbaharui tidak berubah.

Sedikit informasi dari saya, apabila pada saat akan mengakses halaman DHGTK mendapati tampilan error, gagal login atau pemberitahuan sedang maintenance sebaiknya lakukan pengisian data kehadiran pada jam - jam kosong karena pada jam jam ramai kemungkinan trafik sedang tinggi disebabkan karena banyak yang mengakses halaman tersebut.

Bagaimana cara input data kehadiran pada aplikasi DHGTK yang terbaru ini? Secara umum sebetulnya sama saja dengan versi sebelumnya, hanya saja segi tampilannya saja yang berbeda dan sedikit ada penambahan fitur pada aplikasi tersebut yakni fitur Field (kolom).

Cara mengisi kehadiran di DHGTK versi 2.1

Pada kesempatan ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman terutama bagi para pembaca setia blog jap berpusat dan tentunya bagi anda para pejuang data yang masih belum begitu familiar dengan tampilan baru dari aplikasi kehadiran online DHGTK.

Berikut ini merupakan tahapan yang harus anda lakukan untuk dapat mengisi kehadiran guru dan tenaga kependidikan pada aplikasi DHGTK online, diantaranya yakni :

  1. Buka halaman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2.1/, seperti biasanya pada tahap ini anda harus login dulu dengan memasukan nomor NPSN, User ID dan password diisikan dengan alaman email dan kata sandi yang sama dengan dapodik.
  2. Setelah anda berhasil masuk, maka anda akan disambut dengan tampilan beranda aplikasi seperti gambar berikut.
  3. Apabila terdapat nama pegawai yang belum terdaftar, silahkan pilih menu Tambah Guru.
  4. Untuk memulai mengisi kehadiran secara manual, silahkan pilih menu Kelengkapan Sekolah. Kemudian pilih Entri Kehadiran.
  5. Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

  6. Pada gambar diatas, pilih tanggal kehadiran dulu yang pada pada menu Kalender. Kemudian isikan Jam Datang dan Jam Pulang (Point no. 4) ke semua nama nama guru dan tenaga kependidikan, selanjutnya aktifkan tombol Akan disimpan dengan cara menggesernya kekanan.
  7. Setelah semua nama - nama guru dan tenaga kependidikan sudah anda isi jam datang dan jam pulangnya pada tanggal yang telah anda tentukan kehadirannya, selanjutnya tekan tombol Simpan semua yang ditandai (point no. 5).

Lakukan cara diatas untuk memulai mengisi kehadiran pada tanggal - tanggal berikutnya. Anda juga dapat membaca petunjuk pengisiannya pada bagian informasi aplikasi kehadiran tersebut yang berada disebelah kanan atas.

Pastikan anda telah membaca semua petunjuknya secara detail untuk menghindari kesalahan pengisian absen kehadiran.

Entri kehadiran hanya dapat dilakukan bagi sekolah yang belum memiliki mesin scan jari (finger print), mesin inger print sedang dalam perbaikan atau tidak berfungsi dengan baik karena berbagai alasan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar