Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

BERHASIL, Cara Memperbaiki Diindeks, Meskipun Diblokir Oleh Robots.txt

Jika anda sering membuka tampilan google search console terutama pada opsi cakupan (coverage), pastinya anda akan menemukan peringatan dengan grafik yang berwarna kuning, betul tidak?

Masalah diindexs meskipun diblokir oleh robots.txt sering kali muncul baik kepada blog yang menggunakan domain TLD maupun blogspot. Tadinya peringatan tersebut tetap saya abaikan karena tidak akan berpengaruh pada seo blog, namun apabila anda merasa risih dengan peringatan tersebut, pada kesempatan ini izinkan saya berbagi tips yang barang kali dapat menjadi solusi untuk menghilangkan warning diindexs meskipun diblokir oleh robots.txt.

Tips yang saya bagikan ini bersumber dari blognya kompiajaib.com yang mana akan sedikit saya perjelas kembali khususnya bagi anda yang masih sangat awam mengenai posisi dari penempatan meta tag noindex yang harus anda simpan dimenu edit html.

Kenapa bisa saya katakan demikian? ya karena saya sendiri tadinya tidak begitu paham betul mengenai posisi dari penempatan meta tag yang benar. Oleh karenanya disini saya mencoba menginformasikan kembali kepada anda untuk sekedar memperjelas postingan dari https://www.kompiajaib.com/2019/06/mengatasi-masalah-warning-diindeks.html.

Yang pertama, silahkan anda perbaiki kembali pada bagian custom robots.txt dengan cara pergi ke menu "Settings", kemudian pilih "Search Preferences" dan aktifkan custom robots.txt. Ganti pengaturan custom robots.txt dengan pengaturan seperti berikut:


User-agent: *
Disallow:

Sitemap: https://www.domainanda.com/sitemap.xml
Sitemap: https://www.domainanda.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Sitemap: https://www.domainanda.com/feeds/posts/default
Sitemap: https://www.domainanda.com/sitemap-pages.xml

KETERANGAN:

  1. Silahkan anda ganti https://www.domainanda.com dengan nama domain anda atau jika anda masih menggunakan blogspot, cukup hilangkan www-nya saja.
  2. Pada bagian Custom robots header tags, pilih "NO" atau 'Disable"

Sekarang simpan kode meta tag noindex dibawah <head> seperti pada gambar yang terlampir dibawah ini:


<b:if cond='data:view.isArchive'>
<meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>
</b:if>

Pastikan juga anda tidak memasang widget arsip blogger agar pemasangan meta tag dapat berjalan dengan lancar.

Setelah semuanya terpasang dengan baik, silahkan submit robot.txt tersebut di google search console terbaru untuk memulai validasi sampai ada pemberitahuan bahwa validasi Diindeks, Meskipun Diblokir Oleh Robots.txt telah berhasil.

Penggunaan meta tag noindex ini dapat diaplikasikan pada template AMP maupun NON AMP, dan gambar berikut ini adalah hasilnya setelah menunggu beberapa minggu lamanya

Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Gambar diatas merupakan email pemberitahuan bahwa permasalahan Diindeks, Meskipun Diblokir Oleh Robots.txt telah berhasil diatasi. Gambar diatas merupakan pemberitahuan untuk blog saya yang satunya lagi karena memiliki postingan dibawah 100. Jika postingan anda banyak, kemungkinan prosesnya akan memakan waktu yang lebih lama lagi. Jadi harap bersabar dan tunggu saja email pemberitahuannya pasti akan terkirim.

NOTE:
Diperbaharui pada hari Jum'at, tanggal 28 Juni 2019.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar