Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Mengetahui Nomor Sertifikat dan Nilai Akreditasi Sekolah

Unduh Sertifkat akreditasi pada satuan pendidikan tingkat SD/SMP/SMA/SMK. Apakah anda sudah tahu bahwa untuk mengetahui nomor sertifikat akreditasi sekolah baik nilainya, peringkatnya maupun tahun pembuatan akreditasi itu dikeluarkan?

Sebelum saya lanjutkan mengenai tata cara mengunduh sertifikat akreditasi secara online, ada baiknya anda mengetahui apa itu akreditasi sekolah, tujuan dan fungsi akreditasi sekolah.

Berdasarkan yang saya kutip dari laman akhmadsudrajat.wordpress.com, Akreditasi sekolah merupakan suatu kegiatan penilaian sekolah yang dilakukan secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal untuk menentukan kelayakan dan kinerja dari sekolah yang memiliki tujuan untuk menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan dan memperoleh gambaran tentang kinerja sekolah.

Berikut ini merupakan fungsi dari akreditasi sekolah, antara lain:

  1. Sebagai pengetahuan, yaitu dalam rangka untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan kinerja sekolah jika dilihat dari berbagai unsur yang terkait yang mengacu pada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah;
  2. Sebagai akuntabilitas, yaitu supaya sekolah dapat mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan oleh sekolah sudah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan
  3. Digunakan untuk kepentingan pengembangan, yaitu supaya sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Apabila anda sudah memahami arti, tujuan dan fungsi dari akreditasi sekolah, sekarang saya akan mencoba untuk menjelaskan mengenai cara untuk mengetahui nomor sertifikat akreditasi secara online melalui laman bansm.kemdikbud.go.id guna sesuatu hal yang mungkin sewaktu - waktu anda perlukan.

  1. Buka halaman https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi, selanjutnya anda akan diarahkan kebagian DATA AKREDITASI SEKOLAH;
  2. Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

  3. Silahkan anda isikan seperti pada contoh gambar diatas seperti nama Provinsi, Kab/Kota, Jenjang, Status Sekolah, Tahun akreditasi, peringkat akreditasi dan nomor NPSN sekolah. Pada bagian tahun akreditasi, isikan saja dengan tahun sekarang dan pada peringkat akreditasi pilih saja pada opsi --Semua--.
  4. Pada bagian NPSN, tuliskan nomor NPSN sekolah dengan benar. Kemudian tekan tombol CARI SEKOLAH.

Jika nomor NPSN sekolah yang anda ketikan valid, maka setelah anda menekan tombol CARI SEKOLAH akan muncul data yang anda cari pada kolom hasil pencarian data sekolah.

Sekarang klik tepat pada bagian nomor NPSN sekolah untuk memunculkan riwayat akreditasi sekolah. Apabila tersedia opsi Unduh silahkan anda unduh data tersebut. Namun apabila tidak tersedia, sebaiknya di screenshot saja data riwayat akreditasinya.

Cara untuk mengetahui riwayat akreditasi sekolah ini berlaku untuk semua satuan pendidikan SD/SMP/SMA/SMK yang sudah memiliki nomor NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar