Skip to main content
BERPUSAT

follow us

Cara Upload Surat Rekomendasi Psikolog di Dapodik Paling Baru

Mengenai persoalan PPDB atau persyaratan pendaftaran PPDB terutama soal usia siswa, jika harus merujuk Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 pada pasal 7 ayat 1 menyebutkan bahwa batas usia calon peserta didik baru yaitu berusi 7 tahun dan paling rendah 6 tahun pada 01 Juli tahun berjalan.

Sedangkan pada ayat 3 (tiga) pada pasal tersebut terdapat pengecualian bagi calon peserta didik baru paling rendah berusia 5 tahun 6 bulan pada tanggal 01 Juli tahun berjalan, hanya diperuntukan bagi calon yang memiliki kecerdasan khusus atau memiliki bakat istimewa dan kesiapakan psikis yang dibuktikan oleh rekomendasi tertulis oleh psikolog profesional. Namun apabila tidak tersedia dapat juga dilakukan oleh dewan guru untuk membuat surat rekomendasi yang menjelaskan seperti pada ayat 3 (tiga) diatas.

Apabila disekolah anda terdapat calon peserta didik yang berusia dibawah 6 tahun dan anda tetap meloloskan anak tersebut, maka pada saat operator sekolah melakukan input data kedalam aplikasi dapodik nantinya data si anak anak invalid (warning).

BACA JUGA : Contoh surat rekomendasi psikolog bagi siswa yang memiliki kecerdasan khusus (usia dibawah 6 tahun)

Jika sudah demikian sebaiknya anda jangan bingung, untuk menghilangkan invalid tersebut yang anda perlukan ialah mengupload surat rekomendasi yang sebelumnya telah dibuat oleh dewan guru kedalam aplikasi dapodik online (website dapodikdasmen).

Cara Upload Surat Rekomendasi Psikolog di Dapodik

Untuk memulai upload dokumen rekomendasi, ada satu hal yang harus anda lakukan yaitu mengkonversikan Surat Rekomendasi Psikolog kedalam format JPG/PNG terlebih dahulu dengan ukuran maksimal 2 MB. Anda dapat melakukan konversi dari format word ke format JPG/PNG dengan memanfaatkan tools gratisan dari ilovepdf.

  1. Masuk ke halaman ilovepdf/word_to_pdf;
  2. Tugas pertama anda melakukan konversi dari word ke pdf. Kemudian setelah anda berhasil mengubah format word ke pdf, selanjutnya fotmat pdf tersebut dikonversi kembali menjadi JPG/PNG dihalaman ilovepdf.com/pdf_to_jpg;
  3. Sebetulnya untuk panduan lebih jelasnya sudah saya jelaskan diblog saya yang satunya lagi, jika anda masih belum paham step by stepnya bisa anda lihat di cara mengubah file yang berekstensi word menjadi file pdf.

Pada tahap ini saya anggap anda sudah paham mengenai cara untuk melakukan konversi word ke pdf dan pdf ke JPG/PNG, selanjutnya tugas anda yang berikutnya yaitu melakukan upload file dari surat rekomendasi tertulis dari psikolog/dewan guru bagi siswa yang berusia dibawah 6 tahun kedalam aplikasi dapodik online.

  1. Buka halaman data.dikdasmen.kemdikbud.go.id, silahkan anda login dengan memilih opsi Manajemen Sekolah. Seperti biasanya login dengan menggunakan email dan password yang sama dengan aplikasi dapodik.;
  2. Setelah anda berhasil login, tekan tombol KELOLA DATA POKOK. Pilih menu PESERTA DIDIK dan cari nama siswa yang memiliki usia dibawah 6 tahun;
  3. Geser nama anak tersebut sampai mentok sampai anda menemuka opsi BIODATA. Tekan logo-nya, sampai disini anda sudah masuk kebagian upload dokumen;
  4. Pilih menu DOKUMEN, tekan tombol TAMBAH. Sekarang anda cari lokasi penyimpanan file yang telah anda konversi dari pdf ke JPG/PNG.
  5. Klik gambar untuk memperbesar tampilan.

Jika anda sering mengotak atik dapodik, saya rasa ulasan diatas akan sangat mudah untuk dipahami. Namun apabila anda masih menemukan kesulitan, silahkan tulis dikomentar supaya saya dapat memahami point dari kesulitan yang anda maksud.

Silahkan bagikan kepada rekan - rekan operator sekolah di seluruh wilayah Indonesia agar yang tidak tahun menjadi tahu. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar