Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Cek NIK Peserta Didik yang Tidak Valid, Kosong atau Ganda di VervalPD Terbaru

Sudah lama juga saya tidak pernah membuka vervalpd dan tahukah anda bahwa sekarang halaman vervalpd memiliki tampilan baru. Baru dalam artian disini maksudnya kayak ada dua macam halaman verval pd yakni yang pertama adalah https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93, dan yang kedua yang saya pakai untuk melakukan pengecekan berada pada halaman https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appkey=61cbdac8-95b5-4e18-9cdb-ab207551376d.

Melalui pengecekan pada halaman web yang kedua ini anda dapat memonitoring siswa mana saja yang tidak memiliki NIK yang valid atau memiliki NIK tetapi ternyata nomor NIK yang diinputkan ganda atau kosong. Bagi saya sendiri cara ini cukup efektif dibanding melakukan pengecekan di aplikasi dapodik yang mana pengecekannya cukup terbatas karena harus bawa - bawa laptop.

Dengan melakukan pengecekan data melalui vervalpd, anda dapat dengan mudah dalam memonitoring data siswa kapanpun dan dimanapun selama anda memiliki koneksi internet.

Saya cukupkan basa basinya, lanjuk ke topik utama yakni cara melakukan pengecekan NIK siswa valid atau tidaknya atau ganda atau tidak memiliki NIK sama sekali. Silahkan anda ikuti langkah - langkah yang telah saya siapkan dibawah ini :

  1. Buka halaman vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id
  2. Login dengan username dan password yang sama dengan dapodik. Setelah anda berhasil login, anda akan diarahkan kehalaman utama vervalpd yang tentunya memiliki tampilan yang berbeda dengan vervalpd yang sebelumnya.
  3. Pada halaman utama ini terdapat 4 (empat) buah menu yakni rangkuman, tingkat akhir, peserta didik, dan residu. Silahkan anda pilih pada menu Residu.
  4. Pada bagian residu ini anda akan menemukan data peserta didik yang memiliki NIK invalid seperti yang terlihat pada gambar pertama diatas.

Setelah diketahui siswa mana saja yang memiliki NIK invalid, sebaiknya lakukan perbaikan segera karena jika diulur - ulur waktunya dikhawatirkan akan berpengaruh pada pendapatan dana BOS reguler.

Seperti yang diketahui bahwa mulai tahun ini nomor NIK siswa akan dijadikan sebagai pengganti NISN, itu berarti bahwa NISN siswa mulai tahun ini sudah tidak berlaku lagi.

Demikian yang dapat saya informasikan mengenai cara cek NIK peserta didik yang tidak valid, kosong atau ganda pada VervalPD terbaru. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar