Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Login Aplikasi SIPLah Kemdikbud Terbaru

Akhirnya setelah ditunggu - tunggu yang cukup lama, kini penggunakaan dari Sistem Informasi Pengadaan Sekolah yang disingkat dengan SIPLah secara resmi telah diliris tepat pada tanggal 01 Juli 2019 kemarin. Sebelumnya kemdikbud melalui laman pengadaan.kemdikbud.go.id tepatnya pada tanggal 30 April 2019 menetapkan jadwal dan pengumuman mitra pasar daring SIPLah.

Seperti yang kita ketahui berdasarkan pada Permendikbud No. 18 Tahun 2019 perubahan atas Permendikbud No. 3 tahun 2019 tentang Juknis BOS Reguler, didalam belanja pengadaan barang dan jasa (PBJ) ditiap - tiap sekolah dapat dilakukan melalui sistem daring ataupun luring.

SIPLah sendiri dirancang untuk memanfaatkan sistem pasar daring/market place yang dioperasikan melalui pihak ketiga yang memiliki fitur tertentu untuk memenuhi kebutuhan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repubik Indonesia (Kemdikbud).

BACA JUGA : Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa Di Sekolah (PBJ Sekolah)

Bagaimana cara untuk bisa login kedalam aplikasi SIPLah dengan menggunakan akun dapodik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebelumnya saya infomasikan bahwa anda harus melakukan pemutakhiran data tugas tambahan sebagai kepala sekolah dan tugas tambahan sebagai bendahara sesuai dengan yang diumumkan oleh admin dapodikdasmen pusat. Untuk mengetahui alasan diperlukannya pemutakhiran akun kepsek dan bendahara ini, anda dapat membaca artikel sebelumnya yang sudah lebih dulu saya posting dengan judul Sebaiknya Jangan Abaikan Peringatan Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS di Dapodik.

Bagi yang belum melakukan pemutahiran akun kepsek dan bendahara BOS reguler, terutama masih mengalami kendala dalam hal menu tugas tambahan, silahkan anda baca juga mengenai Cara Input SK Kepsek dan Bendahara BOS Reguler di Dapodik yang sebelumnya juga sudah pernah saya posting. Jadi tidak elok kalau saya jelaskan kembali disini.

Cara Login SIPLah Kemdikbud

Pada tahap ini, sebetulnya untuk bisa mengakses sistem SIPLah cukup dengan login menggunakan akun dapodik, namun kepala sekolah dan bendahara BOS juga wajib memantau kinerja operator sekolah/BOS guna memastikan proses PBJ dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kesalahan.

Jadi anda sebagai kepala sekolah dan bendahara BOS jangan terlalu membebankan seluruh tugas ke operator sekolah/BOS. Maka dari itu kepsek dan bendahawa wajib melakukan pemutahkiran akun supaya dapat login melalui akun masing - masing tanpa harus memakai akun sebagai operator dapodik.

Lanjut ke tema utama, untuk cara logi SIPLah silahkan anda ikuti langkah - langkahnya seperti dibawah ini:

  1. Buka halaman siplah.kemdikbud.go.id, pada halaman tersebut pilih salah satu mitra SIPLah (saat ini baru ada 3 mitra SIPLah) yaitu PT. Pesona Edukasi, PT. Eureka BookHouse dan PT. Metraplasa.
  2. Misalnya anda ingin mengakses PT. Metraplasa, silahkan anda klik link siplah.blanja.com atau bisa juga mengunduh aplikasinya yang sudah ada di Google Playstore.
  3. Pilih Login dan isikan username dan password yang sama dengan yang ada didapodik.

Untuk login sebagai kepala sekolah atau bendahara BOS, caranya hampir sama, namun pilihannya jangan memilih login sebagai operator dapodik. Langsung saja login dengan email dan password yang telah didaftarkan sebeleumnya melalui aplikasi dapodik.

Untuk perkembangan selanjutnya, akan saya update kembali melalui artikel ini, mohon untuk bersabar.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar