Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Mengaktifkan Auto Save Microsoft Word, Simpan File Otomatis

Pernahkah anda mengalami kasus ketika anda sedang sibuk - sibuknya mengerjakan tugas pada lembar kerja microsoft word yang tanpa disengaja tiba - tiba mati lampu atau kondisi batre yang lowbet yang menyebabkan komputer/laptop mati dan sialnya anda lupa menyimpan hasil ketikan anda yang mana ketika komputer dihidupkan kembali semua hasil usaha anda tidak tersimpan secara otomatis. Pernah tidak?

Jika kasusnya seperti demikian, kemungkinan besar anda belum mengakifkan fitur Auto Save pada pengatura microsoft office anda. Selain menggunakan fitur auto save, sebetulnya bisa juga dilakukan secara manual dengan menekan tombol CTRL + S setiap kali anda ingin menyimpan hasil kerja anda. Namun cara manual seperti itu bagi saya sendiri tidaklah efektif, karena bisa saja kita lupa menekan tombol tersebut.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan antisipasi terlebih dahulu untuk mengamankan file anda
dengan mengaktifkan fitur "Auto Save" yang terletak dipengaturan microsoft office anda.

Agar lebih jelasnya, sebaiknya anda ikuti langkah - langkah mengenai cara mengaktifkan fitur auto save microsoft word seperti dibawah ini:

  1. Buka lembar kerja microsoft office anda, kemudian klik pada File atau Office Button tergantung versi office yang anda gunakan;
  2. Cari dan temukan opsi Options, maka dari sini akan muncul jendela Word Options;
  3. Pada jendela "Word Option", silahkan anda pilih opsi Save;
  4. Beri tanda ceklis pada Save AutoRecover information every, dibagian ini anda dapat menentukan jangka waktu simpan otomatisnya, apakah 10 menit atau 5 menit (terserah anda);
  5. Perhatikan gambar berikut :

  6. Beri ceklis juga pada Keep the last autosaved version if i close without saving dan jika anda ingin memindahkan lokasi penyimpanan autosave-nya sesuai dengan keinginan anda, klik Browser pada bagian AutoRecover file locations atau abaikan saja seperti gambar diatas; dan
  7. Jangan lupa klik OK untuk menyimpan perubahan tersebut.

Dengan begitu, apabila anda lupa menekan tombol simpan ketika selesai mengetik, secara otomatis sistem akan menyimpan file anda secara otomatis setiap 10 menit atau 5 menit sesuai dengan waktu yang telah anda tentukan. Cara tersebut juga berlaku apabila komputer/laptop anda mendadak mati tiba - tiba akibat lowbet atau karena adanya pemadaman listrik.

Fitur simpan otomatis ini bisa juga diaplikasikan di microsoft excel dengan cara yang sama seperti di microsoft word. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar