Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Merapihkan Struktur Kode HTML/CSS Hasil Kompresi

Bagi blogger pemula seperti saya ini tentunya akan mengalami kesulitan ketika akan memodifikasi tampilan template blog supaya menjadi responsive, dimana semuanya berhubungan dengan kode - kode html yang menurut saya sangat rumit. Kenapa saya katakan rumit? Ya karena selama saya mengenyam pendidikan, tidak ada pembelajaran tentang ilmu coding. Itu artinya bisa dibilang kalau saya ini gaptek.

Namun lambat laun atas rasa penasaran ini, saya mencoba - coba belajar sedikit demi sedikit tentang ilmu coding dengan cara memanfaatkan inspect element (Ctrl + Shift + I) serta rutin mengunjungi berbagai blog yang memiliki tampilan yang menurut saya bagus, terutama blog-nya kompiajaib yang setiap hari selalu saya kunjungi untuk sekedar melihat tutorial - tutorial tentang edit template blog.

Jika anda sering mengunjungi blog kompiajaib untuk melihat struktur template yang digunakannya, pasti anda akan melihat susunan dari kode - kode html maupun css yang sengaja dipasang dengan rumit. Tentunya hal itu dimaksudkan untuk menyederhanakan kode html supaya tidak terlihat banyak (menghilangkan karakter - karakter yang tidak diperlukan agar loading blog menjadi lebih cepat). Selain itu, menyederhanakan kode html juga dapat mengurangi resiko kode - kode html-nya dicontek. Kalau template yang saya gunakan ini memang basic dasarnya buatan admin kompiajaib yang bersifat premium dan saya juga sudah memiliki izin untuk mempelajari kode - kodenya. Jadi jangan heran apabila tampilan template yang saya pakai hampir 90 persen sama dengan yang digunakan oleh blog kompiajaib.

Pertanyaan yang sering terpikirkan oleh saya adalah bagaimana caranya mengembalikan kode - kode html/CSS hasil kompresi supaya kembali seperti semula agar mudah untuk dipelajari strukturnya kodenya?

Ternyata untuk mengembalikan kode html/CSS hasil kompresi supaya kembali seperti semula sangatlah mudah, yang anda lakukan hanyalah mengunjungi aplikasi online yang bernama HTML Formatter.

Untuk cara kerjanya cukup dengan menempelkan kode html/CSS pada tabel yang tersedia, kemudian tekan tombol FORMAT. Maka struktur kode html atau kode CSS yang terkompresi tersebut akan kembali seperti semula tiap - tiap susunannya.

Penjelasan :

  1. Gambar bagian kiri menunjukan kode html/CSS sebelum diformat;
  2. Gambar bagian kanan menunjukan kode html/CSS setelah diformat.

Jika susunan kodenya sudah seperti semua, kini anda dapat membaca kode - kode tersebut menjadi lebih mudah dan tidak membuat mata anda menjadi sakit. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar