Skip to main content
BERPUSAT

follow us

5 Point Penting yang Perlu Diperhatikan Setelah Rilis Dapodik 2022

Pada bulan Juli di tahun 2021 ini aplikasi dapodik versi 2022 telah dipublish, itu berarti tandanya apikasi dapodik versi 2021.e atau pun versi 2021.f sebelumnya harus sudah diuninstall.

Seperti biasa, pada versi setelah ini pun pasti akan dirilis kembali berupa versi patch untuk perbaikan - perbaikan minor. Jika saya perhatikan, pada

Saya informasikan kembali berdasarkan pengumuman yang telah lebih dulu dipublish oleh admin dapodikdasmen pusat dilaman veris dapodik 2022, apabila anda telah memperbaiki sarpras khususnya pada menu tanah tentang garis lintang dan bujur, meskipun sudah diperbiki akan tetapi pada saat melakukan proses tarik data akan kembali lagi menjadi invalid. Silahkan anda coba sendiri jika tidak percaya.

Selain itu, masih pada kasus tarik data dengan menggunakan akun operator dapodik, walau sudah melakukan perubahan password akan tetapi pada saat login kembali harus menggunakan password yang lama (kasus yang saya alami).

Nah, pada hari ini saya ingin memberikan informasi kepada anda tentang 4 point penting yang mungkin saja perlu anda ketahui setelah anda menginstal aplikasi dapodik versi 2022 diantaranya :

  1. Data siswa baru untuk kelas 1, 7, dan 10 diinput kedalam Aplikasi Dapodik Versi 2022 yang digunakan untuk input data Semester 1 Tahun Ajaran 2021-2022.
  2. Proses input data (usulan saya) sebaiknya melalui manajemen sekolah meskipun pada aplikasi dapodik 2022 tersedia menu tambah siswa baru. Akan tetapi untuk menghindari data ganda karena kita tidak tahu apakah siswa tersebut berasal dari TK atau bukan. Solusinya yaitu anda lakukan peng-inputan melalui opsi tambah PD non dapodik di manajemen sekolah. Jika siswa tersebut bukan berasal dari TK, maka datanya akan tersimpan.
  3. Namun apabila data siswa yang diinput verasal dari TK, maka akan muncul peringatan yang memberitahukan anda jika siswa tersebut terdaftar di TK.

  4. Siswa yang telah lulus sudah secara otomatis dikeluarkan oleh sistem dari aplikasi dapodik tentunya oleh admin Pusat atau dinas kabupaten;
  5. Sekolah tidak boleh meng-input data siswa baru dan data siswa naik kelas pada TP 2021-2022 pada aplikasi dapodik 2019e.Proses input atau entry data hanya bisa dilakukan pada aplikasi dapodik versi 2022.
  6. Aplikasi dapodik versi 2022 sudah bisa anda dapatkan melalui website resmi dapo.kemdikbud.go.id/

Tambahan: Apabila terdapat masalah pada saat instalasi aplikasi baik secara online maupun offline seperti kasus munculnya error database 2.00, silahkan lakukan clear cache pada browser yang anda pakai.

Demikian yang dapat saya informasikan. Apabila ada hal yang ingin didiskusikan, silakan tulis pada kolom komenter. Selamat bekerja!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar