Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

4 Point Penting yang Perlu Diperhatikan Setelah Rilis Dapodik 2020a

Setelah aplikasi dapodik versi 2020a telah dipublish, itu berarti tandanya apikasi versi sebelumnyaharus segera diuninstall, tapi mudah - mudahan saja hanya cukup melakukan update aplikasi. Karena seperti yang diketahui bahwa setiap kali pergantian tahun ajaran, otomatis dapodik versi sebelumnya perlu diuninstall (kecuali versi patch). Namun faktanya ternyata kita tetap harus melakukan install aplikasi untuk menghilangkan bugs yang masih tersisa di versi 2020.

Saya informasikan kembali berdasarkan pengumuman yang telah lebih dulu dipublish oleh admin dapodikdasmen pusat dilaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id pada tanggal 11 Juli 2019, aplikasi dapodik versi 2020 masih bisa digunakan jika memang aplikasinya tidak bermasalah. Jadi anda tidak perlu melakukan uninstall aplikasi karena masih dapat dipakai untuk melakukan sinkronisasi data seperti melakukan perbaikan tugas tambahan sebagai kepala sekolah maupun sebegai bendahara BOS reguler dan lain - lain.

Lebih jelasnya, berikut ini merupakan 5 (lima) point penting yang perlu diperhatikan untuk persiapan setelah anda menginstal aplikasi dapodik versi 2020 diantaranya :

  1. Data siswa baru untuk kelas 1, 7, dan 10 diinput kedalam Aplikasi Dapodik Versi 2020 yang digunakan untuk input data Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020;
  2. Siswa yang telah lulus sudah secara otomatis dikeluarkan oleh sistem dari aplikasi dapodik tentunya oleh admin Pusat atau dinas kabupaten;
  3. Sekolah tidak boleh meng-input data siswa baru dan data siswa naik kelas pada TP 2019/2020 diaplikasi dapodik 2019e.Proses input atau entry data hanya bisa dilakukan di aplikasi dapodik versi 2020;
  4. Aplikasi dapodikdasmen 2020 atau versi 2020a sudah dirilis di bulan Agustus;

Jadi yang saya maksudkan di sini adalah apabila aplikasi dapodik versi 2020 yang telah anda instal tidak bermasalah alias dapat berjalan secara normal sebaiknya tidak perlu di-uninstal secara penuh ke versi 2020 a. Namun sebaliknya apabila masih ditemukan masalah seperti tidak bisa melakukan sinkronisasi dan lain - lain yang menyebabkan aplikasi menjadi error sebaiknya uninstal aplikasi versi sebelumnya kemudian instal ke aplikasi dapodik 2020a versi full Installer.

Demikian yang dapat saya informasikan mohon maaf apabila terdapat kekeliruan. Selamat bekerja!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar