Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Mengatasi Earnings at Risk pada Blogspot Domain TLD

Akhir - akhir ini beberapa domain blog saya akhirnya terdampak dengan yang namanya penghasilan adsense yang beresiko (Earnings at risk - You need to fix some ads.txt file issues to avoid severe impact to your revenue). Seperti yang banyak dikeluhkan oleh para blogger, jika peringatan tersebut diabaikan besar kemungkinan akan berpengaruh terhadap pendapatan adsense anda yang ditandai dengan banyaknya iklan yang blank.

Sebetulnya sudah banyak yang membahas mengenai cara untuk mengatasi atau memperbaiki iklan yang tiba - tiba blank akibat dari adanya notifikasi penghasilan beresiko pada dasboard adsense. Namun setelah baca - baca ternyata penjelasannya sangat sulit untuk dipahami. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya mencoba berbagi tips ampuh untuk mengatasi, memperbaiki atau menghilangkan notifikasi Earnings at risk - You need to fix some ads.txt file issues to avoid severe impact to your revenue pada dasboard adsense khususnya pada blog yang sudah berdomain TLD. Kenapa hanya domain tld yang saya bahas disini? Jawabannya sangat sederhana, karena yang saya praktekan disini hanya domain blog yang sudah TLD.

Saya sendiri tidak mau berandai - andai jika cara yang akan saya bagikan ini akan efektif jika blog anda masih menggunakan domain bawaan blogspot, dan setahu saya jika hanya menggunakan blogspot non TLD, cara memberbaikinya sangatlah mudah. Anda hanya perlu menambahkan ID penerbit anda ke-file ads.txt dengan cara :

  1. Masuk ke dasboard blogspot, kemudian tab pada Settings dan pilih opsi Search Preferences;
  2. Cari dan temukan menu Monetization, lalu pada Custom ads.txt pilih opsi Enable;
  3. Tempelkan file ads.txt seperti berikut :
  4. 
    google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

    Keterangan : Ganti pub-0000000000000000 dengan kode ID penerbit milik anda yang bisa anda lihat kodenya di url dasboard adsense anda.

  5. Tunggu 3 x 24 jam, maka notifikasi tersebut akan hilang dari dasboard adsense anda.

Bagi yang sudah menggunakan domain TLD, selain menambahkan custom robot.txt, anda juga perlu memverifikasi domain tersebut melalui dasboards google search console.

Untuk melihat panduan cara verifikasi domain domian TLD, silahkan anda tonton video youtube mas Adhy Suryadi admin dari kompiajaib.com yang sudah lebih dulu dibuatkan tutorialnya secara gamblang seperti berikut.

Berhubung sudah ada video panduannya dari master blogspot, jadi sudah tidak perlu lagi saya jabarkan disini karena saya yakin dengan panduan melalui video tentunya akan lebih mudah lagi untuk dipahami.

Ke-2 cara diatas sudah saya praktekan diblog saya sendiri dan berhasil hanya dalam hitungan 2 x 24 jam, sehingga peringatan yang muncul didasboard adsense saya seperti notifikasi Penghasilan beresiko - Anda harus memperbaiki beberapa masalah file ads.txt untuk menghindari dampak buruk pada pendapatan Anda, kini telah hilang dan tampilan iklan pun tidak ada yang blank.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar