Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Link Unduh Dapodik 2020a SD/SMP/SMA/SMK/SLB full Installer

Akhirnya setelah ditunggu cukup lama, kini aplikasi dapodik versi 2020a sudah bisa diunduh. Rilisnya aplikasi tersebut ternyata diluar dari perkiraan, sebab jika anda membaca postingan saya lalu dengan judul 5 Point Penting Menjelang Rilis Dapodik 2020 yang saya dapatkan dari sumber resminya bahwa aplikasi dapodik alias dapodikdasmen akan rilis pada awal bulan Agustus, namun ternyata dirilisnya mulai pertengahan bulan Agustus 2019 (Tepatnya 11 Agustus 2019).

Data Pokok Pendidikan merupakan suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kemdikbud dimana bahwa aplikasi tersebut memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online dan berkala.

Bisa dibilang kalau aplikasi Dapodik ini merupakan suatu sistem pendataan dalam skala nasional yang terpadu yang mana aplikasi tersebut dijadikan sebagai sumber data utama bagi pendidikan nasional.

SELENGKAPNYA : Buku manual installasi dapodikdasmen versi 2020a

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan nasional dengan melaksanaan berbagai program pendidikan yang tepat sasaran, maka diperlukan juga data yang cepat, lengkap, valid, dan akuntabel serta terus diperbaharui secara berkelanjutan. Dengan ketersedianya data tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.

BACA JUGA : Cermati Sebelum Melakukan Pembaharuan Dapodik 2020a Patch 1

Sampai dengan saat ini Aplikasi Dapodik telah sampai pada tahapan untuk pemutahiran secara kontinyu dan meningkatkan kualitas data. Dari sisi sistem, aplikasi Dapodik dirancang untuk dapat menghasilkan kualitas data yang lebih baik. Struktur database telah mengalami pembaruan sesuai dengan kebutuhan pemanfaatan data. Dengan ditanamkannya aturan validasi yang baru ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan dalam penginputan data.

Saya cukupkan dulu basa basinya ya. Sesuai dengan judul diatas, bagi anda yang mengalami kesulitan dalam mengunduh aplikasi dapodikdasmen versi 2020a dikarenakan website http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ sering mengalami down, dibawah ini merupakan link unduhan dari aplikasi dapodikdasmen versi 2020a SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang telah dipublish secara resmi pada tanggal 19 Agutus 2019 (pilih salah satunya).

  1. Tautan full installer aplikasi dapodik 2020a ke-1
  2. Tautan full installer aplikasi dapodik 2020a ke-2
  3. Tautan full installer aplikasi dapodik 2020a ke-3
  4. Tautan full installer aplikasi dapodik 2020a ke-4
  5. Tautan full installer aplikasi dapodik 2020a ke-5

Silahkan anda pilih salah satu link diatas yang anda anggap mudah untuk didownload, jika server tidak sedang sibuk/penuh sebaiknya pilih pada link unduhan google drive karena prosesnya lebih mudah dan tidak bertele - tele. Sebetulnya ada sebanyak 15 (lima belas) alamat link unduh aplikasi dapodik 2020a, namun setelah saya lakukan pemeriksaan bahwa sebagian alamat link sengaja tidak saya tampilkan disini karena terblokir oleh anti virus alias dianggap link berbahaya yang tidak perlu anda kunjungi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar