Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Menentukan Titik Koordinat Dapodik 2020 Agar Tidak Invalid

Apabila pada saat validasi ditemukan data invalid yang berbunyi Peserta Didik a/n Reina Aura Wirinda harap mengisikan titik koordinat dengan benar (Rombel saat ini: 6 - Kelas 6 A). Jika sebelumnya anda menggunakan trik untuk menghilangkan invalid hanya cukup dengan mengisi data periodik peserta didik seperti dalam menentukan jarak rumah ke sekolah dan waktu tempuh dalam jam/menit, percayalah setelah anda melakukan validasi kembali data invalid tersebut akan tetap ada (tidak hilang).


Cara diatas sering kali saya terapkan ketika masih menggunakan aplikasi dapodik versi 2019e untuk menghilangkan invalid data pada titik koordinat. Namun seiring dengan pemutakhiran aplikasi seperti aplikasi yang dipakai saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2020, maka untuk menghilangkan invalid pada titik koordinat peserta didik tidak hanya cukup dengan mengisi Data periodik peserta didik saja, akan tetapi anda selaku petugas pendataan (operator sekolah) wajib juga mengisi dengan benar pada kolom Peta koordinat dengan cara menuliskannya pada bagian garis lintang dan garis bujur.

Sengaja saya menulis artikel ini untuk mengingatkan kembali supaya anda dapat memahaminya dengan baik dan tidak menimbulkan kebingungan dalam memperbaiki invalid pada titik koordinat peserta didik.

Langkah - langkah mengisi titik koordinat peserta didik/GTK:

  1. Login sebagai operator sekolah;
  2. Buka menu Validasi, kemudian pilih pada opsi Validasi lokal;
  3. Pilih pada Peserta didik dan tekan tombol refresh;
  4. Unduh excel, kemudian buka hasil unduhan tersebut. Sekarang cari nama peserta didik yang didapati invalid pada titik koordinat;
  5. Buka menu Peserta didik, kemudian pilih pada opsi Peserta didik;
  6. Pilih salah satu nama peserta didik, lalu tekan tombol Ubah dan tentukan isian dari titik koordinat dengan cara menekan tombol Peta koordinat;
  7. Lakukan validasi kembali untuk memastikan bahwa nama peserta didik tersebut sudah tidak invalid lagi.

Jika ulasan diatas dirasa sulit untuk anda pahami, anda juga dapat melihat panduannya melalui tutorial video berikut ini :

Lakukan secara terus menerus seperti pada tutorial diatas sampai data invalid hilang. Kurang lebih seperti itulah yang dapat saya informasikan. Semoga bermanfaat, terutama bagi operator sekolah yang baru mengenal apa dapodik.

Apabila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar dibawah. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar