Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Solusi Dapodik 2020 yang Terdeteksi Versi Database 2.98d

Aplikasi dapodik versi 2020 sudah dipublish, namun hadirnya aplikasi tersebut kini membawa sedikit keluhan yang cukup berarti yaitu masalah aplikasi dapodik yang tidak dapat terinstall dengan sempurna alias mandeg ditengah jalan. Seperti yang dialami oleh anggota group dapodik yang mencari solusi dalam mengatasi aplikasi terdeteksi Versi Database 2.98d, sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan.

Untuk mengatasi permasalahn tersebut sebetulnya sangat mudah apabila sebelum anda mengintstall aplikasi dapodikdasmen versi 2020, sebaiknya membaca manual book alias buku panduan installasi aplikasi dapodik. Jika anda tidak memiliki buku panduannya, anda dapat mengunduh buku panduan tersebut yaitu Panduan aplikasi dapodikdasmen versi 2020. Namun jika anda sedang malas membacanya, pada postingan ini saya akan memberikan solusinya supaya aplikasi dapodik 2020 dapat terinstal dengan sempurna.

Sebelum anda menginstall aplikasi dapodik yang terbaru, sebaiknya lakukan uninstall aplikasi dapodik versi sebelumnya. Setelah anda berhasil melakukan uninstall atau mencopot aplikasi, silahkan restart laptop anda. Selanjutnya lakukan clear chache yang bisa dilakukan dengan cara manual maupun dengan bantuan software.

LIHAT JUGA : Link download aplikasi dapodikdasmen versi 2020 plus buku panduannya.

Jika anda tidak mengerti cara clear cache dengan cara manual, sebaiknya gunakan saja software gratisan yang bisa anda cari di Google atau bisa melalui tautan berikut yang.

DOWNLOAD
Software CCleaner Professional

Untuk melakukan clear cache dengan bantuan Software CCleaner Professional, mari simak panduannya seperti dibawah ini:

  1. Install CCleaner yang sudah anda unduh tadi, kemudian buka aplikasi tersebut dan pilihlah pada menu Easy Clean lalu tekan tombol Analyze;
  2. Setelah anda menekan tombol Analyze, tunggu proses analisis sampai ditandai dengan tampilnya tombol Clean All, sekarang silahkan anda tekan tombol tersebut (Clean All);
  3. Tidak cukup sampai disini, sekarang arahkan kursor anda untuk memilih menu Registry, kemudian pilih pada Scan for Issues. Tunggu proses scan sampai dengan selesai, lalu tekan tombol Fix selected Issues...;
  4. Jika muncul nofifikasi seperti Do you want back up the registry before making change? setelah anda menekan tombol Fix selected Issues..., pilih saja No.

Setelah anda melakukan semua cara diatas, dapat dipastikan semua chache dapodik versi sebelumnya telah terhapus dengan sempurna baik itu pada riwayat history maupun file yang tersimpan di-registry. Sekarang, silahkan anda coba kembali install aplikasi dapodik versi 2020 seperti biasa.

Video tutorial install aplikasi dapodik versi 2020 :


Sampai saat ini, saya sendiri masih memakai cara diatas untuk menghindari kegagalan saat menginstall aplikasi dapodik versi terbaru. Silahkan anda coba sendiri dan semoga berhasil. Apabila ada pertanyaan, silahkan hubungi saya melalui kontak list atau dengan memberikan komentar dengan jelas dan sopan. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar