Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Cepat Menulis Tanpa Harus Mengetik Secara Manual

lagi iseng-iseng saja buka channel YouTube dan tanpa disengaja saya melihat channelnya Mas Adhy Kompi ajaib meng-upload tentang cara menulis artikel tanpa harus menggunakan keyboard. Maksud dari membuat artikel tanpa menggunakan keyboard/papan ketik itu bukan berarti anda membuat artikel blog dengan cara yang tidak baik yaitu seperti melakukan hal copy paste artikel orang lain, bukan seperti itu ya! Namun disini ini saya akan membahas kembali teknik membuat artikel atau tulisan dengan bantuan Google Translate.

Kok bisa membuat artikel hanya dengan mengandalkan Google Translate? Bukankah Google Translate itu hanya dapat digunakan untuk menerjemahkan semisal bahasa yang kita gunakan untuk kemudian diterjemahkan ke-bahasa yang lain, contohnya seperti bahasa Indonesia ke-bahasa Inggris atau sebaliknya.

Tadinya saya juga sedikit agak sanksi, namun setelah melihat video tutorial dari blognya Mas Adhy ternyata caranya sangat sederhana sekali bahkan sangat mudah untuk dipraktekkan. Jadi mulai sekarang apabila anda sedang lelah atau capek menulis artikel untuk diposting diblog anda, maka gunakan saja Google Translate untuk menuliskan kata-kata anda secara otomatis. Intinya anda tidak perlu capek menulis dengan tangan anda sendiri, biarkan Google Translate yang mengetiknya dan anda hanya cukup menyalinnya saja untuk kemudian sedikit dirapihkan kembali teks tersebut supaya tampak lebih rapih.

Supaya bisa menulis di Google Translate setidaknya anda harus memiliki 1 buah alat pendukung yaitu mikrofon atau headset dari smartphone anda sebagai alat perekam kata - kata anda. Untuk memulainya Mari simak langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Colokan headset atau mikrofon ke laptop anda;
  2. Buka halaman web Google Translate. Pastikan settingan bahasanya Indonesia dan Indonesia ya.
  3. Setelah anda berhasil menyeting bahasa Indonesia - Indonesia, selanjutnya tekan tombol mikrofon dan silakan anda berbicara dimikrofon supaya terekam di google translate;
  4. Salin tulisan tersebut, apabila masih ada tulisan yang masih berantakan, sebaiknya rapikan dahulu supaya enak dibacanya.

Oh iya ada yang sedikit tertinggal, untuk bisa memanfaatkan Google Translate pastikan laptop anda sudah terhubung ke-internet ya. Jika tidak terhubung ya tidak bisa.

Artikel yang anda baca sekarang ditulis adalah contoh tulisan yang dibuat dengan menggunakan google translate tanpa harus ngetik dipapan ketik.

Silahkan anda coba sendiri dan bandingkan lebih cepat mana antara menulis artikel dengan cara manual atau dengan bantuan Google Translate.

Sebetulnya ada opsi lain yang bisa anda lakukan untuk menulis tanpa harus mengetik selain menggunakan Google Translate yaitu menggunakan dictation.io. Namun setelah saya coba dan saya bandingkan ternyata lebih simpel menggunakan Google Translate dibanding dengan dictation.io.


You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar