Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

NISN tidak Muncul di Dapodik? Begini Prosedurnya

Masih seputaran tentang permasalahan aplikasi dapodik versi 2020a, pada postingan yang lalu saya sudah berbagi trik mengenai cara mengatasi NISN peserta didik pindahan yang tidak ada NISN-nya yang diperoleh dari tarik PD secara online melalui manajemen Dapodik yang ternyata menyebabkan data dapodik menjadi invalid, sehingga aplikasi tidak dapat sinkronisasi.

Untuk permasalahan NISN peserta didik yang invalid kan sudah dapat diatasi, kini ada satu kendala lagi yang sering dipertanyakan di forum-forum Dapodik atau melalui grup Facebook dapodikdasmen bahwa mereka tidak dapat menemukan NISN peserta didik kelas 1 yang mana seharusnya sudah ada ketika aplikasi sudah di-sinkron-kanberkali - kali.

setelah saya telusuri ternyata NISN kelas 1 sebetulnya sudah ada, hanya saja sebagian tidak dapat masuk secara otomatis ke dalam aplikasi dapodik versi 2020a. Dari mana saya bisa tahu kalau NISN peserta didik kelas 1 sudah ada? Saya tahunya ketika saya melakukan pengecekan di verval PD dan ternyata benar saja bahwa peserta didik kelas 1 yang baru dientri kemarin sudah memiliki NISN, namun tidak otomatis masuk ke dalam aplikasi Dapodik.

Jika anda sudah lama melakukan sinkronisasi sebaiknya lakukan pengecekan melalui verval PD untuk memastikan bahwa data NISN sudah ada dan jika sudah ada sebaiknya input nomor NISN tersebut secara manual ke dalam aplikasi Dapodik, kemudian lakukan sinkronisasi sebanyak satu atau dua kali. Kenapa harus dilakukan secara manual? Bukankah seharusnya sudah dapat dilakukan secara otomatis? saya sendiri kurang begitu tahu apakah memang di aplikasi dapodik versi 2020a yang sekarang harus dilakukan secara manual atau memang aplikasinya masih terdapat bugs. Namun daripada anda berpusing ria sambil menunggu jawaban yang logis, lebih baik input NISN-nys secara manual saja dulu untuk mempercepat pekerjaan anda.

Untuk cara input manual nya Mari simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Dapodik, kemudian login seperti biasa pakai email operator dapodik. Selanjutnya pilih kolom peserta didik, dari sini silakan anda cari nama peserta didik kelas 1 yang tidak memiliki NISN atau melalui menu validasi lokal supaya lebih mudah;
  2. Buka verval PD, setelah Masuk ke halaman utama pilih menu Referensi dan pilih pada opsi Aktif;
  3. Pada kolom nama silakan anda tuliskan nama peserta didik kelas 1, kemudian tekan tombol enter. Jika peserta didik tersebut nomor NISN-nya sudah ada, silakan diblok (diseleksi) kemudian klik kanan Copy;
  4. Kembali ke aplikasi Dapodik, pada bagian peserta didik (klik pada nama peserta didik yang telah ditentukan) kemudian tekan tombol Ubah. Nanti pada kolom NISN, klik kanan Paste.

Setelah semua NISN peserta didik (siswa) berhasil diinput secara manual ke dalam aplikasi Dapodik, langkah terakhir yaitu melakukan sinkronisasi supaya data yang anda perbaharui tersebut dapat terbaca oleh server pusat.

Silakan dibaca secara teliti langkah-langkahnya dan apabila anda masih bingung, saya juga sudah mempersiapkan 1 buah video tutorialnya untuk membantu supaya lebih mudah untuk dipahami kembali.


UPDATE

Apabila anda sudah menggunakan aplikasi dapodik versi 2020.a Patch 1, maka cara diatas sudah tidak berfungsi lagi karena kolom NISN-nya sudah terkunci dan sekarang NISN yang sudah ada di verval PD maka secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik. Artinya, bugs pada aplikasi sudah kembali normal alias sudah diperbaiki pada versi Patch 1.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar