Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Salah Kaprah Menyoal Tambah Peserta Didik diluar Aplikasi Dapodik

Sampai saat ini ternyata masih ada sebgian operator sekolah yang belum begitu paham tentang cara tambah PD (peserta didik) diluar dapodik yang benar. Kenapa bisa saya katakan demikian? karena adanya keluhan bahwa siswa diluar dapodik meski sudah ditambah secara online, akan tetapi siswa tersebut tidak masuk kedalam aplikasi dapodik.

Dari kasus itulah saya berasumsi bahwa sebagian operator sekolah tidak begitu memahami alur mengenai prosedur tambah peserta didik yang berasal dari luar dapodik, sehingga saya menyimpulkan salah kaprah pemahamannya.

Untuk diketahui bahwa cara untuk melakukan tambah PD diluar dapodik penanganannya berbeda dengan menarik siswa yang sama - sama dalam 1 (satu) ruang lingkup, maksudnya antara sekolah negeri dengan sekolah negeri walau berasal dari luar daerah tetap bisa ditambah secara online selama siswa tersebut telah dikeluarkan dari sekolah awal. Jadi perpindahan antara negeri dengan negeri prosesnya lebih mudah, anda hanya cukup melakukan tambah PD kemudian sinkron aplikasi, maka siswa pindahan tersebut otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik anda.

Hal diatas akan berbeda apabila disekolah anda terdapat siswa pindahan yang berasal dari sekolah bukan negeri, misalnya terdapat siswa pindahan yang berasal dari SDIT/MI, maka tugas anda hanya cukup dengan melakukan tambah PD secara online dan sinkron saja, akan tetapi perlu melaporkan siswa pindahan tersebut ke admin dinas kabupaten/kota untuk diverisikasi kembali (disetujui).


Jadi, solusi untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu dengan menghubungi admin dapodik kabupaten/kota setelah anda melakukan tambah PD secara online. Apabila sudah disetujui, silahkan anda lakukan sinkronisasi dan setelahnya lakukan juga pemeriksaan didalam aplikasi dapodik anda untuk memastikan bahwa siswa tersebut benar - benar sudah masuk kedalam aplikasi.

Perlu diketahui kembali, meskipun siswa pindahan sudah disetujui oleh admin kabupaten/kota, nama sisa pindahan tetap akan tampil di manajemen dapodik seperti pada gambar diatas. Namun anda tidak perlu khawatir lagi, yang penting siswa pindahan tersebut sudah berhasil masuk kedalam aplikasi dapodik anda dan sudah muncul didalam absen bulanan.

Bagi anda yang ingin mengetahui tata cara melakukan tambah PD di manajemen dapodik dengan benar, tidak ada salahnya untuk mengunjungi postingan saya yang sebelumnya yang masih erat kaitannya dengan tambah PD secara online.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar