Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Macam – Macam Data Invalid/Error yang Sering ditemukan pada Apliksi Dapodik 2020a

Pada topik kali ini saya mencoba untuk merangkum berbagai macam kasus data invalid yang sering ditemui pada aplikasi dapodikd versi 2020 yang dapat menyebabkan gagal sinkron atau error sinkron.

Akhir – akhir ini sangat ramai dibahas baik itu melalui forum maupun group facebook OPS dapodikdasmen bahwa aplikasi dapodik 2020 tidak bisa sinkron. Namun untuk kasus tersebut, anda tidak perlu bersedih karena kini kasusnya sudah bisa teratasi dengan baik yaitu dengan menimpakan file PHP dapodik yang ada pada folder synch_dikdas .

Selain kasus diatas, nyatanya masih banyak kasus data invalid yang ditemui pada aplikasi dapodik versi 2020 yang sebenarnya cukup mudah untuk diperbaiki jika anda teliti dalam membaca buku panduan dapodik versi 2020. Faktanya saya yakin ketika anda menginstal atau menjalankan aplikasi dapodik terbaru ini, anda tidak membaca buku panduannya sampai 100% kan? Padahal didalam buku panduan tersebut sudah ada semua tentang tata cara entri data supaya terhindari dari Invalid (kecuali kasus aplikasi dapodik tidak bisa sinkron).

LIHAT JUGA : Cara instal patch dapodik 2020a terbaru

Berikut ini merupakan macam – macam data invalid yang sering ditemukan pada dapodik 2020a :

1. Proses sinkronisasi dihentikan karena masih terdapat data invalid (validasi Front End)

Untuk mengatasi masalah sinkronisasi dihentikan karena adanya data invalid yang disebabkan oleh validasi Front End, silahkan anda unduh dulu file PHP dapodik, selanjutnya simak langkah – langkahnya seperti berikut ini.

  1. Ekstrak file hasil unduhan tadi, kemudian copy semua file yang ada didalam folder error sinkron dapodik 2020a;
  2. Buka File Exploler dan pilih Local Disk (C:) ;
  3. Buka Program file, lalu cari folder Dapodik. Masih didalam folder dapodik, silahkan buka kembali folder dataweb;
  4. Didalam folder dataweb, buka kembali folder synch_dikdas. Sekarang silahkan anda paste-kan file PHP yang tadi sudah di-copy.
  5. Refresh browser, lalu cobalah untuk melakukan sinkronisasi.

Jika anda masih bingung, sebaiknya simak video tutorial solusi mengatasi dapodik gagal sinkron yang sebelumnya sudah saya upload di channel youtube saya sendiri.

2. Silahkan update aplikasi sinkronisasi dengan versi terbaru

Sama halnya seperti kasus pada nomor 1 (satu) diatas baik itu langkah – langkahnya maupun file PHP dapodik yang diunduh jika memang mengalami kasus update versi sinkronisasi ke versi yang baru.

Kasus diatas juga bisa untuk memperbaiki aplikasi dapodik yang tiba – tiba muncul bahasa – bahasa aneh alias bahasa pemograman yang tidak seharusnya tampil dihalaman sinkronisasi dapodik.

3. Aplikasi terdeteksi versi database 2.98d

Jika aplikasi dapodik tidak bisa diinstal yang disebabkan karena terdeteksi versi database 2.98d, solusinya yaitu :

  1. Uninstal versi dapodik 2019e;
  2. Sebelum memulai instal aplikasi dapodik versi 2020a, pastikan anda sudah membersihkan riwayat browser chrome (clear cache) dan beberapa file registry dapodik yang belum sepenuhnya terhapus di-laptop. Untuk langkah – langkah clear chache dapodik, silahkan baca kembali postingan saya yang berjudul Solusi dapodik terdeteksi versi database 2.98d ;
  3. Apabila sudah dilakukan clear cache, silahkan instal kembali aplikasi dapodik 2020a di laptop anda.

Pastikan ketika menginstal aplikasi, laptop harus terhubung dengan internet supaya aplikasi dapat mengunduh file – file yang diperlukan (kecuali laptop anda sering di update OS-nya).

4. Gagal menyimpan peserta didik

Pada saat anda akan entri data siswa baru secara manual, pastikan untuk selalu memperhatikan kolom - kolom yang wajib diisi (tanda bintang*) supaya ketika anda akan menyimpan hasil entrian tersebut dapat tersimpan dengan sempurna terutama pada kolom:

  1. Nama;
  2. Kewarganegaraan;
  3. Tanggal lahir;
  4. Agama & kepercayaan;
  5. Alamat jalan;
  6. Kecamatan;
  7. Kelurahan;
  8. Nama ibu;
  9. Pekerjaan ibu dan penghasilannya;

Ada 1 (satu) kolom yang tidak memiliki tanda (*), tetapi wajib tidak boleh kosong yaitu pada kolom isian Akan ke-berapa (berdasarkan KK) yang mana tidak boleh diisi dengan angka 0 (nol).

Selain itu, pastikan tidak ada karakter angka, huruf dan tanda (spasi) yang berlebihan yang dapat membuat hasil entri gagal disimpan. Jika seperti itu biasanya akan mul informasi Gagal menyimpan peserta didik (SQLSTATE[22001}:String data, right truncated: 7 ERROR:value too long for type character (8)).

Silahkan anda tambahkan sendiri dikolom komentar apabila ada informasi yang terlewat supaya dapat saya carikan jalan keluarnya (solusi). Anda juga dapat mengunjungi channel youtube saya untuk melihat tutorial tentang dapodik. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar