Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Solusi Mengatasi NISN Peserta Didik Kosong (invalid) di Dapodik 2020a

Berjumpa kembali bersama saya selaku admin berpusat.com, pada sesi kali ini saya akan sedikit cerita tentang pengalaman saya dalam mengatasi peserta didik pindahan yang berasal dari sekolah negeri khususnya Sekolah Dasar yang ternyata tidak memiliki nomor NISN, sehingga ketika siswa tersebut ditarik secara online melalui manajemen Dapodik dan pada saat sinkronisasi di-aplikasi dapodik menyebabkan data peserta didik tersebut mengalami invalid dengan keterangan "harap mengisikan NISN dengan benar".

jika anda mengalami masalah seperti yang saya alami ini, pastikan untuk menyimak postingan ini sampai selesai ya karena saya akan menjelaskan step by step dalam menangani nomor NISN yang invalid atau NISN kosong.

Jadi ceritanya adalah ketika saya akan melakukan tarik peserta didik secara online melalui manajemen Dapodik dan setelahnya peserta didik pindahan tersebut berhasil ditarik, ternyata ketika saya mau melakukan sinkronisasi terdapat data invalid pada nomor NISN-nya, sehingga bilamana ada data yang invalid tersebut otomatis aplikasi tidak dapat melakukan sinkronisasi.

Setelah saya melakukan percobaan akhirnya untuk sementara waktu NISN menjadi valid kembali dan akhirnya aplikasi dapodik bisa melakukan sinkronisasi. Perlu untuk diingat bahwa trik yang akan saya berikan ini hanya untuk sementara waktu saja, artinya setelah aplikasi berhasil sinkronisasi sebaiknya anda hubungi operator dinas kabupaten/kota untuk mengajukan nomor NISN yang baru atas nama peserta didik yang tidak memiliki NISN tersebut.

Untuk langkah-langkahnya silahkan simak di bawah ini :

  1. Buka aplikasi dapodik kemudian login seperti biasa dengan menggunakan email dan password operator sekolah;
  2. Pilih menu peserta didik, kemudian di dalam menu tersebut silakan anda cari nama peserta didik yang tidak memiliki NISN (kolom pencarian);
  3. Setelah peserta didik yang tidak memiliki nomor NISN ditemukan selanjutnya tekan tombol edit;
  4. Selanjutnya masukkan angka 0 (nol) sebanyak 10 kali pada bagian NISN, contoh : 0000000000;
  5. Pastikan di menu edit tersebut tidak ada kolom yang berwarna merah, jika masih ada kolom yang berwarna merah sebaiknya perbaiki kembali, supaya data yang anda ubah tersebut dapat tersimpan; dan
  6. Terakhir tekan tombol Simpan.

Apabila langkah-langkah diatas sudah anda ikuti dengan baik, proses berikutnya yaitu melakukan validasi lokal. Silakan lakukan validasi kemudian lakukan sinkronisasi. Jika anda memiliki kuota internet yang cukup banyak, saya juga telah membuatkan video tutorialnya untuk melengkapi artikel yang saya tulis ini.

Video tutorial mengatasi NISN peserta didik yang invalid.

Sekali lagi saya ingatkan apabila anda berhasil sinkronisasi, selanjutnya silakan anda tetap harus koordinasi dengan operator kabupaten/kota untuk mengusulkan nomor NISN baru bagi peserta didik yang tidak memiliki nomor NISN.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan dan apabila ada pertanyaan silakan tuliskan dikolom komentar. Terima kasih telah berkunjung, salam satu data.

UPDATE

Setelah menunggu kurang lebih 1 x 24 jam, akhirnya NISN atas nama Ramli Sugengger Arianto yang sebelumnya ditulis dengan angka 0 (nol) sebanyak 10 kali, kini peserta didik tersebut sudah memiliki nomor NISN yang baru yang dapat dilihat melalui verval PD.


Karena NISN yang sudah ada di vervalPD dan tidak otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik, maka untuk memperbaikinya tinggal di copy saja nomor NISN yang terdapat di verval PD, lalu paste-kan diaplikasi dapodik atas nama Ramli Sugengger Arianto melalui menu edit peserta didik. Jika penjelasan saya kurang paham, silahkan lihat juga video tutorial tentang cara mengatasi NISN yang tidak otomatis masuk ke aplikasi dapodik versi 2020a yang hampir sama dengan permasalahan NISN peserta didik kelas 1 tidak ada di dapodik.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar