Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Surat Permohonan Tambah Peserta Didik (PD) Diluar Dapodik

Sehubungan dengan banyaknya aturan terutama ketika akan menambahkan peserta didik (PD) pindahan diluar aplikasi dapodik, maka operator sekolah tidak akan bisa menambah peserta didik tersebut secara manual di aplikasi dapodik khususnya dapodik versi 2020. Oleh sebab itu, apabila disekolah anda mendapat peserta didik pindahan yang berasal dari luar dapodik alias sekolah asal dari peserta didik tersebut ternyata tidak menggunakan dapodik atau tidak terdaftar maka solusinya yaitu dengan membuat surat permohonan tambah PD kepada operator dinas kabupaten untuk disetujui (approval).

Kenapa tambah data peserta didik diluar dapodik harus memerlukan persetujuan operator dinas? Jika disekolah anda tidak pernah mendapatkan peserta didik pindahan yang berasal dari luar dapodik tentunya hal tersebut tidak perlu anda lakukan karena cukup hanya dengan tarik PD secara online, kemudian melakukan sinkronisasi di aplikasi dapodik maka peserta didik tersebut secara otomatis akan masuk kedalam aplikasi.

Berbeda dengan peserta didik yang berasal dari luar dapodik, ketika anda akan melakukan tarik peserta didik secara online maka anda tidak akan menemukan nama peserta didik yang akan anda tarik secara online.

Hampir sama dengan kasus antara siswa yang berasal dari sekolah swasta dan ingin pindah ke sekolah negeri (MI ke Sekolah Dasar Negeri), meskipun sudah menggunakan aplikasi dapodik dan sudah melakukan tarik peserta didik secara online, operator sekolah juga wajib melaporkannya kepada operator dinas kabupaten untuk diverifikasi kembali.

BACA JUGA : Cara tambah Peserta Didik diluar Dapodik versi 2020

Berikut ini saya akan membagikan salah satu syarat yang harus anda lampirkan ketika akan melaporkan peserta didik pindahan dari luar dapodik kepada operator dinas kabupaten yaitu berupa Surat Permohonan Tambah Peserta Didik Diluar Dapodik. Untuk dokumen yang lainnya biasanya cukup dengan melampirkan buku Rapor peserta didik, surat keterangan pindah dari sekolah asal dan surat keterangan diterima dari sekolah yang dituju, bila perlu lampirkan juga foto copy KK dan akta lahir.

Langsung saja bagi anda yang ingin menyimpan file-nya di komputer/laptop anda, silahkan unduh dibawah ini.

DOWNLOAD
Surat Permohonan Tambah PD (Peserta Didik) Diluar Dapodik

Contoh surat yang anda unduh diatas hanya sebatas pada surat surat permohonan tambah PD saja, untuk dokumen penunjang yang lainnya silahkan anda lengkapi sendiri dengan memintanya kepada orangtua/wali yang bersangkutan.

Demikian yang dapat saya informasikan berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, bilaman terdapat kekeliruan mohon untuk dimaklumi. Jangan lupa dishare juga supaya yang tidak tahu menjadi tahu. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar