Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Silahkan Update Aplikasi Sinkronisasi Anda dengan Versi Terbaru

Akhir - akhir ini muncul banyak keluhan dari rekan - rekan operator dapodik tepatnya mulai tanggal 12 September bulan ini ketika mereka akan melakukan sinkronisasi atau kirim data dan yang terjadi adalah aplikasi tidak dapat sinkron dengan disertainya muncul perintah Silahkan Update Aplikasi Sinkronisasi Anda dengan Versi Terbaru.

Jika anda tidak dapat melakukan sinkronisasi karena adanya perintah update sinkronisasi seperti yang saya alami dan beberapa rekan operator dapodik dimasing - masing satuan pendidikan, sebaiknya jangan panik dan takut kalau hasil enti anda hilang. Kemungkinan besar hal tersebut bukan error dari aplikasi anda, melainkan server dapodiknya yang sedang error atau sedang maintenance.

Sudah lebih dari 10 kali sinkron dihari yang sama dengan jeda waktu tiap 1 (satu) jam namun hasilnya tetap nihil alias tidak bisa sinkron data padahal sebelumnya baik - baik saja dan semua cara sudah saya lakukan mulai dari melakukan clear cache dan registry, menekan tombol CTRL + F5 berulang - ulang tetap saja hasil entrian tidak dapat terkirim.

Saran dari saya, jika anda mengalami hal yang sama seperti saya ini sebaiknya jangan meng-uninsall aplikasi dapodik 2020 apabila jika data hasil entrian anda belum sama sekali disinkron maupun yang sudah disinkron karena bukan hanya saya dan anda saja, akan tetapi banyak ops diluaran sana mengalami hal yang sama juga.

Cobalah untuk melakukan sinkronisasi esok hari atau lusa sampai ada kepastian yang jelas atau sampai dirilisnya versi Patch Dapodik 2020a karena dalam waktu dekat ini versi tersebut akan segera dirilis.

Sambil menunggu versi terbaru, lanjutkan saja lengkapi lagi data dapodik anda jika masih terdapat kekurangan atau terdapat peserta didik yang belum terinput kedalam aplikasi.

Tentang dapodik 2020 yang lainnya bisa anda kunjungi melalui tautan berikut :

  1. Surat permohonan tambah PD diluar dapodik
  2. Menentukan titik koordinat di aplikasi dapodik 2020
  3. Cara tambah PTK di dapodik 2020
  4. Jumlah maksimal peserta didik dalam 1 kelas
  5. Cara mengetahui tugas tambahan kepsek dan bendahara sekolah valid atau tidak
  6. Cara menghapus siswa ganda di dapodik 2020
  7. Cara tarik PD diluar dapodik 2020
  8. Panduan registrasi dapodik 2020 secara offline dan online

Untuk solusi mengatasi Update aplikasi sinkronisasi dengan versi terbaru, sampai saat ini saja tidak dapat memberikan solusi karena beberapa percobaan sudah saya lakukan dan tidak berhasil. Mari kita tunggu saja aplikasi versi Patch Dapodik 2020a.

Pada tanggal 20 Sepetember 2019, setelah ditunggu sekian lama akhirnya aplikasi dapodik mendapatkan pembaharuan berupa versi Patch Dapodik 2020.a. Pada patch versi 2020.a, perubahan yang signifikan terjadi pada data sarana prasarana terutama pada:

  1. tampilan standar sarpras pada beranda;
  2. tampilan sanitasi pada data rinci sekolah;
  3. Bugs pada jenjang SD, SMP dan SLB ketika ada ruang yang berjenis ruang praktek dan ruang bengkel. Telah dipindahkan ke tabulasi ruang penunjang;
  4. Bugs pada tabulasi Ruang Praktek khusus untuk jenjang SMK;
  5. Bugs pada tampilan otomatis dengan warna jingga pada menu Alat;
  6. Bugs pada saat ingin merubah jurusan dan kurikulum rombongan belajar pada menu Rombongan Belajar;
  7. Bugs pilihan ruang tidak tampil pada saat menambahkan jadwal;
  8. Bugs pada beberapa validasi lokal;
  9. Bugs pada saat akan sinkronisasi;
  10. Perbaikan pada fitur Ubah agar dapat alih fungsi jenis prasarana pada menu Tanah;
  11. Perbaikan pada fitur Ubah agar dapat alih fungsi jenis prasarana pada menu Bangunan;
  12. Perbaikan pada fitur Ubah agar dapat alih fungsi jenis prasarana pada menu Ruang; dan
  13. Penambahan trigger/pemicu jika isian pada TMT Pengangkatan atau Lembaga Pengangkat tidak terisi maka kuncian kolom tersebut akan terbuka dengan otomatis.

BERHASIL SINKRON

Setelah mencari - cari referensi dari berbagai sumber akhirnya solusi untuk mengatasi error sinkron atau Update Aplikasi Sinkronisasi Anda dengan Versi Terbaru kini sudah terpecahkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, anda hanya perlu mengunduh file PHP dapodik 2020, kemudian file tersebut ditimpakan didalam folder synch_dikdas. Untuk langkah - langkahnya bisa anda lihat melalui video tutorial berikut ini :

Tutorial diatas juga dapat anda gunakan ketika aplikasi dapodik anda muncul tulisan - tulisan aneh atau bahasa tulisannya mendadak tidak normal. Untuk link unduhan file PHP sinkron dapodik 2020, sudah saya lampirkan pada menu deskripsi didalam video tutorial tersebut. Sebelum anda menimpa file PHP lama dengan file PHP yang baru, pastikan untuk selalu membackup terlebih dahulu untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

INFORMASI PENTING

Bagi sekolah yang berhasil sinkronisasi dengan Dapodik 2020 maupun dengan versi Patch Dapodik 2020.a a disarankan untuk menginstal ulang aplikasinya dengan dengan menggunakan Full instaler aplikasi dapodik 2020.a untuk mencegah kemungkinan adanya bugs yang masih tersisa dari versi sebelumnya. Sebelum meng-uninstall aplikasi, pastikan anda memeriksa data hasil sinkron anda anda melalui progress data untuk memastikan bahwa data yang anda kirim telah terbaca oleh server Pusat, jika sudah terbaca dan terkirim silakan uninstal aplikasi dapodik versi sebelumnya dengan full installer Dapodik versi 2020.a.

UPDATE

Telah dirilis kembali aplikasi dapodik 2020a patch 1 pada tanggal 9 Oktober 2019, mengenai petunjuk atau cara pembaharuannya supaya tidak error silahkan lihat postingan saya yang berjudul cermati sebelum melakukan pembaharuan Dapodik 2020 patch 1. Sekian dan terima kasih.

Terakhir diperbaharui pada tanggal 12 Oktober 2019.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar