Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Lupa Kode Registrasi, Email dan Password Dapodik? Ini Solusinya

Masih seputaran dengan dapodikdasmen alias data pokok pendidikan dasar dan menengah yang selalu memiliki cerita, cerita sedih, haru maupun bahagia. Namun di hari yang berbahagia ini saya akan berbagi trik tentang solusi mengatasi lupa kode registrasi Dapodik, email beserta kata sandinya (password) yang mana apabila salah satunya kita lupa maka dapat dipastikan akan membuat kita pusing sendiri.

Terkadang yang namanya penyakit lupa ini bisa datang kapanpun dan dimanapun, betul tidak? Oleh sebab itu kita sebagai manusia yang tidak luput dari yang namanya salah dan lupa sebaiknya selalu mem-backup semua file yang dirasa penting. Oh iya apakah kategori lupa ini termasuk ke dalam golongan penyakit? jika ada yang tahu silahkan bantu jawab dikolom komentar ya.

Perlu anda diketahui bahwa cara yang saya bagikan disini akan efektif dan berhasil dengan catatan anda belum meng-uninstal aplikasi dapodik yang telah ada di laptop anda, terutama pada kode registrasi dapodik yang terdiri dari 9 digit kombinasi angka dan huruf. Lalu Bagaimana jika kita sudah terlanjur uninstal aplikasi Dapodik? maka jalan satu-satunya untuk mendapatkan kode registrasi tersebut, anda harus menghubungi admin kabupaten/kota.

Baiklah langsung ke tema utama yaitu solusi mengatasi lupa username (email), password maupun kode registrasi aplikasi dapodik versi 2020.

  1. Buka Windows Explorer kemudian pilih pada local disk C;
  2. Pilih program file (program file 86), lalu cari dan temukan folder Dapodik;
  3. Pilih pada folder webserver, kemudian pilih kembali Folder Logs;
  4. Didalam folder logs tersebut silakan buka file access (acces.log). Setelah file access terbuka silakan tekan tombol ctrl + F lalu masukkan kata kunci registrasi, sampai dengan ketemu kode seperti pada gambar berikut;
  5. Simpan kode registrasi, alamat email dan passwordnya di catatan anda atau dilaptop anda supaya tidak lupa lagi.

Bagaimana, mudah bukan? Silahkan ikuti panduannya satu demi satu, jangan sampai ada yang terlewat ya.

Selain permasalahan diatas, masih ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui yang mana masih ada hubungannya dengan aplikasi dapodik versi 2020, verval PTK, verval PD, dan login aplikasi PMP.

Pada saat anda menginstal aplikasi dapodik versi 2020 dan setelah anda berhasil melakukan registrasi, maka anda akan diminta untuk memperbaharui password Dapodik tersebut dengan kombinasi huruf dan angka, ternyata password baru tersebut hanya bisa digunakan untuk login keaplikasi dapodik dan manajemen dapodik saja, dan tidak bisa anda gunakan untuk login verval PD, verval PTK maupun login aplikasi PMP. Itu artinya berarti anda harus tetap menggunakan password yang lama jika ingin login ke verval PD, verval PTK maupun login ke aplikasi PMP.

Kurang lebih seperti itulah yang dapat saya informasikan, apabila ada pertanyaan silakan anda tulis di kolom komentar supaya bisa sharing sama-sama.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar