Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cermati Sebelum Melakukan Pembaharuan Dapodik 2020a Patch 1

Sudah beberapa kali aplikasi Dapodik 2020 mengalami perbaikan yang disebabkan karena banyaknya masalah bugs yang cukup mengganggu bagi para penggunanya yang tidak lain adalah operator sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa pada aplikasi dapodik versi 2020 banyak sekali keluhan seperti aplikasi tidak bisa sinkron, error karena tidak bisa diinstal dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lainnya yang dirasakan termasuk saya sendiri.

Pada hari ini saya akan menginformasikan kembali kepada anda pembaca setia blog jap berpusat mengenai beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika akan melakukan pembaharuan aplikasi dapodik 2020 ke versi Dapodik 2020a patch 1 supaya tidak terjadi error di kemudian hari sesuai dengan yang diinstruksikan oleh admin Pusat.

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan pembaharuan secara step by step artinya jika anda masih menggunakan versi Dapodik 2020 jangan langsung melakukan pembaharuan ke versi Dapodik 2020 patch 1, lakukanlah secara bertahap. Saran saya lakukan juga pembaharuan secara offline yaitu dengan mengunduh installer-nya terlebih dahulu jika koneksi internet anda tidak stabil.

Bagi sekolah yang masih menggunakan Dapodik versi 2020

Bagi anda yang masih menggunakan aplikasi dapodik versi 2020 maka langkah-langkah melakukan pembaharuannya yaitu sebagai berikut :

  1. Unduhan Patch aplikasi Dapodik Versi 2020.a terlebih dahulu, kemudian lakukan instalasi seperti biasa. Untuk patch aplikasinya silahkan anda pilih salah satu pada tautan berikut (link resmi):
    • Tautan patch 1
    • Tautan patch 2
    • Tautan patch 3
    • Tautan patch 4
    • Tautan patch 5
    • Tautan patch 6
  2. Setelah berhasil melakukan pembaharuan ke versi patch 2020a, silahkan lakukan sinkronisasi. Tunggu selama kurang lebih 1 x 24 jam sampai hasil sinkronisasi anda terbaca diprogres data dapodikdasmen.
  3. Setelah hasil sinkronisasi anda terbaca di progres data dapodikdasmen, selanjutnya uninstal aplikasi dapodik lalu instal kembali aplikasi full installer Dapodik 2020a.
  4. BACA JUGA : Panduan instal aplikasi dapodik secara offline

  5. Lakukan registrasi secara offline dengan mengunduh prefill Dapodik yang paling baru yang sudah terbaca diprogress data dapodikdasmen.

Jika sudah menginstall full installer aplikasi dapodik 2020.a, maka untuk melakukan pembaharuan ke versi Dapodik 2020.a patch 1 sudah tidak perlu lagi melakukan uninstal aplikasi, cukup hanya mengunduh installer Dapodik 2020a Patch 1.

Silahkan cermati urutannya seperti yang telah saya uraikan di atas dan ketahui juga bahwa semua link unduhan aplikasi dapodik yang saya tulis disini terhubung langsung ke situs resmi dapodikdasmen, jadi anda tidak perlu khawatir atau takut jika ingin mengunduhnya.

Apabila sebelumnya anda sudah melakukan pembaharuan ke-versi patch Dapodik 2020a, tetapi belum menginstal versi full installernya maka tahapannya dimulai dari urutan nomor 2 di atas (sesuaikan dengan versi Dapodik yang anda pakai). Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar