Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Macam-Macam dan Contoh Format Surat Pengunduran Diri

Kenapa jika ingin mengundurkan diri harus memakai surat? Ya karena kita sendiri kan melamar kerja secara baik-baik jadi mau keluar atau mau mengundurkan diri pun harus dengan cara yang baik - baik pula alias tidak menghilang begitu saja. Dengan begitu maka surat pengunduran diri yang telah anda buat nantinya akan dibaca oleh pihak terkait atau pihak yang berwenang untuk kemudian menentukan apakah anda layak untuk berhenti atau tidak sambil menunggu pegawai pengganti.

Sepengetahuan saya biasanya setelah mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis maka anda tidak akan bisa keluar begitu saja, biasanya anda akan diberi waktu selama 30 hari untuk tetap bekerja seperti biasa sambil perusahaan merekrut pegawai baru agar tidak terdapat kekosongan.

Untuk diketahui juga bahwa apabila anda mengajukan permohonan pengunduran diri disuatu instansi maupun perusahaan, secara otomatis anda tidak akan berhak mendapatkan pesangon, melainkan hanya gaji pokok saja.

Banyak alasan orang ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya dan salah satunya adalah rasa bosan/jenuh atau bisa jadi karena sudah merasa tidak cocok lagi dengan sistem kerja/peraturan yang sebelumnya enak menjadi tidak enak, yang tadinya nyaman menjadi nyaman. Oleh sebab itu bagi anda yang hendak mengundurkan diri dari pekerjaan anda dan anda tidak tahu cara membuat surat/mengajukan permohonan pengunduran diri dari perusahaan tersebut, diakhir postingan ini silahkan anda ambil beberapa contohnya.

Namun sebelum saya bagikan contoh formatnya, ada kalanya anda juga harus memahami beberapa aturan dalam pembuatan surat pengunduran diri yang mana diantaranya yaitu :

  • gunakanlah gaya bahasa yang formal/bahasa Indonesia yang baik;
  • menuliskan identitas diri secara lengkap; dan
  • yang terakhir pastinya adalah menyertakan alasan pengunduran diri.

Setelah anda memahami aturan-aturannya, selanjutnya tanpa harus basa basi terlalu lama, silakan anda unduh beberapa contoh surat pengunduran diri yang telah saya siapkan di bawah ini.

  1. surat pengunduran diri dari perusahaan/instansi
  2. surat pengunduran diri dari organisasi tertentu

Contoh surat di atas terbagi atas banyak halaman yang dibuat dengan office word 2010. Jadi, silakan anda pilih sendiri berdasarkan kriteria/topik yang anda butuhkan.

Mungkin hanya ini saja yang dapat saya bagikan apabila terdapat kekurangan mohon untuk dimaklumi. Sekian dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar