Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Memperbaiki Golongan di BKN Lebih Rendah dari Dapodik (Info GTK)

Melalui tulisan ini saya mencoba untuk berbagi pengalaman kepada anda khususnya para operator sekolah yang masih bingung ketika mendapati status PTK yang tidak valid dihalaman info GTK yang disebabkan karena perbedaan data golongan yang lebih rendah atau lebih tinggi antara data dapodik dengan data BKN. Apabila anda mengalami hal demikian sebaiknya jangan panik karena perbedaan data tersebut lumrah terjadi.

Sama halnya ketika sekolah induk anda tidak valid alias masih kosong padahal di Dapodik sudah diisikan dengan benar, maka solusinya adalah menunggu. Kemungkinan besar database info gtk belum melakukan pembaharuan data. Sedangkan untuk memvalidasi perbedaan golongan antara BKN dengan Dapodik, maka ada tahapan yang harus anda lakukan diantaranya yaitu melakukan cek data pada webservice BKN.

Untuk melakukan cek data pada webservice BKN, itu berarti anda harus login terlebih dahulu melalui halaman web info gtk dengan menggunakan akun PTK masing-masing atau bisa dengan menggunakan akun operator sekolah. Langkah-langkahnya silahkan anda simak seperti berikut ini :

  1. Buka halaman web Info GTK;
  2. Masukkan email dan password yang telah terdaftar di aplikasi Dapodik (akun PTK). Jangan lupa masukkan kode captcha-nya dengan benar, kemudian tekan tombol Login;
  3. Setelah anda berhasil masuk ke dalam halaman tersebut (akun Anda). Pada bagian tabel verifikasi data tunjangan profesi akan didapati sebuah tombol untuk mengakses data webservice BKN. Silahkan klik pada tombol yang ada didalam kotak warna merah;
  4. Jika anda sudah menekan tombol tersebut, itu berarti anda telah melakukan verifikasi data status kepegawaian melalui webservice BKN.
  5. Tunggu proses verifikasinya kurang lebih selama 2 minggu kedepan.

Kurang lebih seperti itulah cara untuk melakukan verifikasi data golongan BKN lebih rendah dari dapodik. Silahkan lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan bahwa data yang anda validasi telah berubah.


Pastikan data yang telah diinputkan pada aplikasi dapodik adalah data yang paling baru.

Demikian dan semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar