Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Mencoba Login Info GTK Tanpa Email dan Password PTK Dapodik

Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang cara login info gtk dengan menggunakan akun PTK yang terdaftar di Dapodik, itu artinya untuk bisa mengakses kedalam sistem info GTK Kemendikbud, maka syarat yang harus anda miliki adalah email dan password yang bisa anda minta ke operator Dapodik di sekolah anda.

Namun di beberapa forum atau komunitas banyak yang berbagi tips tentang cara login info gtk tanpa harus menggunakan email dan password (kata sandi) dari akun PTK masing-masing yang telah didaftarkan oleh operator Dapodik.

Apakah benar tanpa menggunakan email dan password PTK pun kita bisa mengakses halaman info gtk untuk mengetahui data PTK masing - masing? Sebelum tahun 2019 memang bisa yaitu dengan menggunakan nomor NUPTK/NIP sebagai akunnya dan passwordnya menggunakan tahun/bulan/tanggal lahir (contoh : 1972/12/7).

Pada tahun ini ternyata anda juga bisa login ke halaman info GTK tanpa harus menggunakan akun PTK, nomor NUPTK, atau NIP seperti yang banyak di share di forum-forum dapodikdasmen maupun di group - group facebook.

Setelah saya melakukan percobaan dan benar saja ternyata bisa, Namun tentu saja ada trik-nya untuk bisa mengakses ke halaman tersebut, yang pertama anda harus tahu dulu email dan password operator Dapodik dan yang kedua yaitu dengan menambahkan kata info_2019_s2 diantara alamat url masing - masing PTK pada halaman http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Pertanyaan saya apa iya operator dapodik akan memberikan akun dan password-nya kepada anda yang berstatus PTK dan bukan berstatus operator dapodik? Dibeberapa sekolah mungkin bisa saja dan sisanya saya rasa sulit.

Bagi anda yang penasaran dengan caranya, mari simak langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Buka halaman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id kemudian login melalui manajemen sekolah;
  2. Pilih KELOLA DATA POKOK, lalu pilih GURU DAN TENDIK;
  3. Pilih salah satu nama PTK, lalu geser kenanan sampai mentok (Biodata), lebih jelasnya perhatikan gambar berikut;
  4. Tekan salah satu biodata yang saya lingkari diatas, maka akan terbuka biodata dari PTK yang anda pilih. Scroll kebawah sampai anda menemukan tombol INFO GTK;
  5. Tekan pada INFO GTK tersebut, lalu anda akan diarahkan menuju kehalaman http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Pada halaman ini silahkan tambahkan kata info_2019_s2 pada bagian ural yang sebelumnya http://info.gtk.kemdikbud.go.id/index.php?s=1&data=...., menjadi http://info.gtk.kemdikbud.go.id/info_2019_s2/index.php?s=1&data=....

Cara diatas dapat berfungsi apabila sebelumnya PTK yang bersangkutan telah dibuatkan akun dan password melalui aplikasi dapodik, jika belum dibuatkan maka cara tersebut juga tidak tidak bisa berfungsi. Kenapa saya bisa berargumen seperti itu? tentunya saya sendiri sudah melakukan percobaan dari masing-masing antara PTK yang telah dibuatkan username dan password PTK dengan PTK yang belum dibuatkan username dan password PTK yang ada di aplikasi Dapodik.

Nah kurang lebih seperti itulah yang dapat saya jelaskan, apabila ada pertanyaan silahkan bertanya dan jangan sungkan - sungkan. Selamat mencoba!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar