Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Membuat Username dan Password PTK Dapodikdasmen (Akun PTK)

Sampai saat ini ternyata masih ada beberapa operator Dapodik yang kurang begitu paham tentang caranya membuat akun dan password PTK (email PTK) khususnya operator Dapodik pemula (baru menjabat OPS). Oleh sebab itu, tanpa mengurangi rasa hormat, maka saya akan sharing tentang step by step membuat akun PTK dapodik.

Seperti yang kita ketahui bahwa Dapodik merupakan data pokok pendidikan, itu artinya semua sumber data tentang GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) semua datanya ada pada aplikasi dapodik.

Kenapa guru dan tenaga kependidikan diwajibkan untuk membuat email dan password pada aplikasi Dapodik? Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan atau hanya mempersulit guru, akan tetapi dimaksudkan supaya guru bisa login info gtk dan mengisi kuesioner PMP secara mandiri termasuk untuk memperbaharui datanya sendiri yang ada di aplikasi Dapodik serta khususnya bagi kepala sekolah dan Bendahara BOS supaya bisa login kedalam aplikasi SIPLah.

Untuk menemukan menu buat email dan password Dapodik atau memperbaharui dari keduanya, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Buka aplikasi dapodik (login operator Dapodik);
  2. Pilih GTK, kemudian pilih kembali pada guru atau tendik,
  3. Pilih salah satu guru/tendik yang akan dibuatkan akun PTK (email PTK);
  4. Tekan tombol Ubah untuk memperbaharui biodata PTK, selanjutnya cari kolom Email. Sampai dikolom tersebut, silahkan masukan alamat email dari PTK yang bersangkutan;
  5. Terakhir, silahkan tekan tombol Simpan.

Sampai pada tahap ini anda telah berhasil membuat akun atau email PTK. Sedangkan untuk membuat password atau memperbaharui password PTK yang ada, maka caranya yaitu sebagai berikut :

  1. Pilih GTK, kemudian pilih kembali pada guru atau tendik,
  2. Pilih salah satu guru/tendik yang akan dibuatkan password PTK;
  3. tekan tombol penugasan, kemudian tekan tombol Buat/Ubah Akun PTK. Pada menu tersebut silahkan anda tentukan password dari PTK yang bersangkutan;
  4. Terakhir, silahkan tekan tombol Simpan untuk menyimpan hasil Perubahan tersebut.

Kurang lebih seperti itulah tahapan untuk membuat akun dan password(kata sandi) PTK pada aplikasi dapodik. Jika anda mengalami kesulitan jangan sungkan untuk bertanya, atau jika langkah-langkah di atas sulit untuk dimengerti, tunggu segera akan saya buatkan video tutorialnya supaya lebih dipahami lagi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar