Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

NISN tidak Valid pada Peserta Didik Kelas 1 (Dapodik versi 2020a)

Jika anda jeli dalam memperhatikan kolom vld atau validasi pada menu peserta didik ternyata walaupun peserta didik tersebut sudah memiliki nomor NISN akan tetapi logo warning tersebut tetap ada. Hal tersebut bisa anda buktikan sendiri meskipun anda telah mengisi data rinci peserta didik dan setelah saya telusuri ternyata penyebabnya adalah nomor NISN yang masih dianggap tidak valid khususnya bagi peserta didik kelas 1 atau peserta didik baru.

Untuk melihat lebih jelas tentang kasus yang saya alami, mari lihat gambar di bawah ini :


Berdasarkan pada kasus tersebut jika anda mengalami hal yang demikian maka solusinya sangatlah mudah yaitu tinggal menyamakan kembali data NISN yang ada di Dapodik dengan NISN yang terdapat di verval PD. Setelah dapat dipastikan bahwa anda tidak salah dalam mengisi nomor NISN tersebut (biasanya pada dapodik 2020a, NISN sebagian NISN tidak otomatis tertarik kedalam sistem dapodik), maka langkah selanjutnya adalah lakukan validasi dengan cara :

  1. pada menu peserta didik silakan anda cari nama peserta didik yang memiliki warning, kemudian klik tepat pada bagian peserta didik tersebut;
  2. pada bagian pojok sebelah kanan atas silakan Anda tekan tombol validasi, maka akan muncul sebuah jendela validasi;
  3. pada jendela validasi tersebut Anda akan menemukan sebuah tombol data telah diperbaiki. Sebelum anda menekan tombol tersebut, klik terlebih dahulu pada nama peserta didik, selanjutnya baru tekan tombol data telah diperbaiki maka status validasi yang tadinya berwarna merah akan berubah menjadi warna kuning.

Silakan ikuti langkah-langkahnya tepat seperti pada uraian di atas, sebagai contohnya lakukan 1 (satu) percobaan saja dulu. Kemudian tekan tombol refresh atau ctrl + F5. Untuk memperjelas langkah-langkah perbaikannya, saya juga sudah menyediakan sebuah video tutorial supaya dapat anda pahami dengan lebih mudah.

Selain cara mengatasi NISN peserta didik (PD) yang dianggap tidak valid dan menyebabkan warning, anda juga dapat membaca postingan yang tentang cara enti NISN secara manual yang disebabkan karena tidak otomatis masuk antara dapodik dengan vervalpd.

Kurang lebih seperti itulah gambarannya yang dapat saya jelaskan berdasarkan pengalaman yang saya alami. Kurang lebihnya mohon maaf dan aabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar supaya dapat saya bantu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar