Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Segera Cek Daftar Peserta UN SD-SMP-SMA Tahun 2020 di Manajemen PDUN

Terhitung bulan ini bagi anda yang ingin mengetahui daftar peserta UN baik itu jenjang SD-SMP-SMA, kini anda sudah bisa melihat daftar peserta UN tahun 2019-2020 tersebut melalui laman http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ atau biasanya disebut dengan manajemen PDUN. Dengan adanya manajemen PDUN diharapkan anda dapat memeriksa seluruh biodata peserta UN tersebut supaya tidak didapati lagi data yang salah seperti kesalahan dalam penulisan nama peserta UN, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua dan lain sebagainya.

Apabila ditemukan data yang salah sebaiknya segera diperbaiki dari sekarang. Untuk memperbaiki data yang salah, solusi untuk memperbaikinya yaitu bisa melalui verval PD. Untuk langkah-langkah memperbaiki data peserta UN yang salah, anda bisa membaca postingan saya yang berjudul panduan verval PD dan verval PTK.

Apabila di dalam manajemen PDUN ternyata ditemukan salah penulisan nama orang tua seperti kesalahan dalam penulisan nama ayah, maka memperbaiki nya cukup hanya melalui aplikasi Dapodik. Setelah nama ayah berhasil diperbaiki, jangan lupa sinkronkan kembali aplikasi dapodik-nya dan tunggu dalam waktu kurang lebih 2 x 24 jam, kemudian cek kembali manajemen PDUN tersebut.

Kenapa kesalahan penulisan nama ayah bisa diperbaiki hanya melalui aplikasi dapodik? sedangkan kesalahan nama tempat dan tanggal lahir serta nama ibu harus melalui verval PD? Alasannya karena di dalam verval PD tidak ada opsi nama perbaikan nama ayah, yang ada hanyalah nama ibu kandung dan di aplikasi dapodik sendiri nama Ibu kandung tidak dapat diganti karena sudah terkunci oleh sistem. Sehingga mau tidak mau anda harus memperbaiki nya melalui verval PD.

Apakah setelah melakukan perbaikan melalui verval PD maka secara otomatis data tersebut akan berubah? Seperti yang sudah saya jelaskan pada paragraf keempat di atas bahwa proses perubahan data tersebut akan memakan waktu kurang lebih 2 x 24 jam atau bisa lebih dari itu jika anda tidak melakukan konfirmasi kepada admin Dapodik tingkat kabupaten/kota. Jika ingin prosesnya lebih cepat sebaiknya segera konfirmasi melalui sambungan telepon (WA) atau mendatangi langsung operator tingkat kabupaten/kota diwilayah masing - masing.

Dibawah ini adalah langkah-langkah login ke dalam aplikasi Manajemen PDUN :

  1. Kunjungi laman Manajemen PDUN
  2. Pada kolom username dan Password, masukkan dengan alamat email dan password yang terdaftar di Dapodik (login sebagai operator sekolah). Masukkan juga kode registrasinya dengan kode registrasi Dapodik. Jika anda lupa kodenya Anda bisa membaca postingan saya yang berjudul Lupa kode registrasi, email, dan password Dapodik.
  3. Setelah ketiga kolom tersebut anda isikan, lanjutkan dengan menekan tombol login dan sekarang silakan anda cek satu persatu semua data peserta UN tahun 2019-2020 dengan memilih menu calon peserta UN.
  4. Anda juga dapat mengunduh nama-nama calon peserta UN tersebut pada menu unduh CPUN ke Excel.
  5. Pastikan tidak ada nama - nama yang disingkat baik itu nama peserta UN maupun nama orang tua, kecuali jika nama tersebut memang sudah sesuai dengan yang ada di akta lahir.

Setelah semua daftar peserta UN 2019-2020 sudah tidak ada lagi yang salah, silahkan anda tentukan nomor urut kursinya dengan memilih menu pengaturan nomor kursi dan setelah semuanya terisi silahkan anda unduh file daftar nama calon peserta UN dengan memilih menu unduh file calon peserta UN untuk kemudian diupload pada laman pendataan biodata peserta ujian sekolah SD-SMP-SMA.

Kurang lebih seperti itulah yang dapat saya informasikan, semoga mudah untuk dipahami. Apabila ada pertanyaan atau kesulitan silahkan tinggalkan komentar atau hubungi saya melalui kontak email diatas. terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar