Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Solusi Gagal Sinkron Setelah Memakai Aplikasi Patch PMP 2019.12.18

Perlu anda ketahui bahwa meskipun aplikasi PMP mendapat pembaharuan namun jika servernya tidak kuat menampung pengguna yang sedang online, maka tentu saja akan terasa sulit untuk melakukan sinkronisasi aplikasi. Oleh sebab itu sebaiknya anda mesti pinter-pinter mencari waktu yang tepat untuk melakukan sinkronisasi supaya berhasil. Artinya anda mesti rutin melakukan sinkronisasi aplikasi PMP offline meskipun gagal coba lagi dan mencoba lagi sampai dengan berhasil karena aplikasinya tidak ada yang salah, yang salah adalah server-nya yang tidak bagus.

Namun perubahan yang terjadi setelah anda menggunakan aplikasi PMP yang terbaru ini yaitu aplikasi terasa ringan dan tidak nge-lag. Selain itu ada beberapa perbaikan yang mungkin anda belum tahu di antaranya yaitu :

  1. perbaikan sinkronisasi;
  2. perbaikan instrumen;
  3. perbaikan kuesioner untuk responden siswa;
  4. perbaikan kuesioner untuk responden komite sekolah;
  5. perbaikan akses LAN; dan
  6. perbaikan proses pengisian responden.

Dari beberapa perbaikan tersebut secara tidak langsung ternyata dapat berpengaruh terhadap pengisian kuesioner PMP dengan menggunakan faster PMP yaitu proses pengerjaan menjadi terasa lebih cepat karena aplikasinya tidak berat.

Saya tidak menyarankan anda untuk menggunakan aplikasi faster PMP dalam mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada pada aplikasi tersebut. Jika anda ingin mencobanya ya silahkan saja, akan tetapi sebaiknya setelah mengisi pertanyaan dengan menggunakan fater PMP 2019 sebaiknya diperiksa kembali jawabannya (jika tidak sesuai sebaiknya disesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah).

Bagi anda yang belum memperbaharui aplikasi PMP ke versi pacth 2019.11.21 silahkan anda lihat postingan saya yang berjudul solusi mengatasi disconnect saat sinkron aplikasi PMP offline.

untuk link unduh aplikasi faster PMP 2019 silahkan anda lihat postingan saya yang berjudul cara cepat isi kuesioner PMP offline Smart EDS 2019.

Ingat batas akhir pengumpulan data yaitu sampai dengan tanggal 10 Desember 2019 berdasarkan surat edaran dengan nomor 16673/D1/TU/2019 tentang percepatan pengumpulan Data Evaluasi Diri Sekolah.

UPDATE 15 Desember 2019

UPDATE aplikasi PMP versi final (2019.12.18)

  1. Bagi sekolah yang sudah menginstal PMP versi 2019.11.18 atau versi 2019.11.21, silahkan unduh pembaharuan versi PATCH EDS DIKDASMEN (23,3 MB)
  2. Bagi sekolah yang belum menginstal aplikasi PMP versi berapapun, silahkan unduh aplikasi PMP versi final (2019.12.18) full installer EDS DIKDASMEN (80,3 MB)

Harap dipamahi dengan baik, jangan sampai salah instal ya. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar