Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Solusi Mengatasi Disconnect Saat Sinkron aplikasi PMP Offline 2019

Untuk mengatasi kasus tersebut solusinya ternyata sangatlah mudah namun tentunya akan terasa sulit jika anda tidak mengetahui caranya. Oleh sebab itu saya harap setelah anda membaca postingan saya ini setidaknya permasalahan tersebut bisa teratasi minimal aplikasi bisa di sinkron itu juga jika servernya memang tidak sedang sibuk.

Saran saya jika nantinya aplikasi PMP offline sudah terhubung (connect) ke internet, untuk melakukan sinkronisasi sebaiknya dilakukan pada jam-jam yang tidak sibuk seperti di malam hari. Hal tersebut tentunya untuk menghidari supaya data yang anda kirim tidak gagal dan pastikan juga koneksi internet anda dalam keadaan yang stabil.

Pada gambar di atas menunjukkan bahwa aplikasi PMP sudah bisa sinkronisasi yang ditandai dengan status connected berwarna hijau. Nah, untuk langkah-langkahnya supaya status sinkronisasi-nya connected, mari ikuti seperti di bawah ini :

  1. Pastikan komputer atau laptop anda sudah terhubung dengan internet dalam kondisi stabil;
  2. Buka aplikasi Dapodik versi 2020a patch 2, kemudian lakukan validasi lokal;
  3. Setelah aplikasi dapodik terpaling dasi selanjutnya buka menu sinkronisasi. Pada tahap ini anda tidak perlu menekan tombol sinkron ya;
  4. Sekarang, silahkan anda refresh aplikasi PMP offline-nya dengan cara menekan tombol CTRL + f5.

Cara di atas sudah saya praktekkan dan alhamdulillah berhasil dari yang awal status koneksinya disconnected menjadi connect.

Kurang lebih seperti itulah yang dapat saya informasikan tentang cara mengatasi disconnect saat Sinkron aplikasi PMP Offline versi 2019, semoga ulasannya mudah untuk dipahami. Selamat mencoba!

Selain kasus aplikasi PMP offline tidak bisa sinkron, nyatanya terdapat beberapa kasus lainnya seperti pada isian kuesioner pada ada poin B.ISI PENDIDIKAN yang mana pertanyaannya tidak memiliki opsi untuk dijawab sehingga progres pengisian tidak mencapai 100% dan kasus berikutnya yaitu aplikasi tidak bisa login dengan keterangan "pengguna tidak ditemukan atau Password salah. Mohon cek kembali informasi pengguna anda".

Untuk mengatasi dua kasus tersebut, silahkan anda ikuti langkah-langkahnya seperti pada uraian di bawah ini :

  1. uninstall aplikasi PMP offline versi 2019;
  2. lakukan clear cache baik pada browser maupun pada komputer atau laptop yang anda pakai;
  3. selanjutnya instal kembali aplikasi PMP offline versi 2019;
  4. unduh prefill PMP terbaru pada link unduhan berdasarkan provinsi masing-masing, kemudian letakkan prefil tersebut pada folder prefill_dapodik;
  5. buka aplikasi PMP tersebut, lalu lakukan registrasi dengan menuliskan u_prefill_pmp pada kolom user dan tuliskan p4ssw0rd_pmp pada kolom password serta isikan kode registrasinya (kode yang biasa dipakai saat registrasi Dapodik);
  6. tekan tombol registrasi, lalu login dengan user dan password seperti pada yang saya Sebutkan di atas yaitu u_prefill_pmp dikolom user dan p4ssw0rd_pmp dikolom password (jika login gagal abaikan saja);
  7. Selanjutnya letakan kembali prefill PMP pada folder prefill_pmp dan lakukan kembali registrasi dengan menuliskan alamat email pada kolom user dan password pada kolom password serta masukkan juga kode registrasinya (alamat email dan password harus sama dengan aplikasi Dapodik);
  8. sekarang silahkan anda coba login kembali dengan menggunakan alamat email dan password yang sama dengan aplikasi Dapodik.

Jika masih tidak bisa login juga kemungkinan besar anda tidak mengikuti step by step-nya seperti yang telah saya tuliskan diatas.

UPDATE tanggal 28 Nopember 2019

Silahkan diupdate aplikasi PMP-nya ke versi :

  1. EDS_DIKDASMEN-PATCH.2019.11.18
  2. EDS_DIKDASMEN-PATCH.2019.11.21

Langkah - langkah:

  1. logout dan tutup aplikasi PMP yang ada pada browser; dan
  2. Instal aplikasi seperti biasa (data tidak akan hilang), namun disarankan untuk tetap melakukan sinkronisasi terlebih dahulu untuk menghindari hal - hal yang tidak diinginkan.

Solusi jika muncul data tidak ditemukan, dipancing dulu dalam keadaan internet masih terhubung ke komputer/laptop, lalu registrasi ulang tanpa memasukan kode prefill PMP carnya :

  1. Pada kolom User isikan dengan u_prefill_pmp
  2. Pada kolom password isikan dengan p4ssw0rd_pmp
  3. pada kolom kode registrasi masuka kode registrasi dapodik
  4. tekan tombol registrasi

setelah melakukan langkah - langkah diatas, silahkan coba login kembali dengan email dan password dapodik. pastikan koenksi internet masih terhubung ya.

Jangan lupa kunjungi juga postingan saya tentang rapor PMP format excel dan SK TPMPS SD-SMP-SMA yang terbaru. Terima kasih.

UPDATE 15 Desember 2019

UPDATE aplikasi PMP versi final (2019.12.18)

  1. Bagi sekolah yang sudah menginstal PMP versi 2019.11.18 atau versi 2019.11.21, silahkan unduh pembaharuan versi PATCH EDS DIKDASMEN (23,3 MB)
  2. Bagi sekolah yang belum menginstal aplikasi PMP versi berapapun, silahkan unduh aplikasi PMP versi final (2019.12.18) full installer EDS DIKDASMEN (80,3 MB)

Harap dipamahi dengan baik, jangan sampai salah instal ya. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar