Skip to main content

Aplikasi Alpeka Sesuai Juknis BOS 10 dan 12 komponen 2021

Dengan mengacu juknis BOS Nomor 18 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2000 19 tentang petunjuk teknis Bantuan Operasional Sekolah reguler, bahwa terdapat perbedaan jumlah komponen pada masing-masing satuan pendidikan dimana pada jenjang SD, SMP, dan SMA terdapat 10 komponen pembiayan BOS dan pada jenjang SMK terdapat 12 komponen pembiayaan BOS. Oleh sebab, itu maka pada artikel ini saya akan membagikan 2 buah aplikasi yang terdiri atas alpeka BOS dengan 10 komponen dan alpeka BOS dengan 12 komponen.

Dasar dari aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang bersumber dari laman BOS Kemdikbud dengan kode nama alpeka_BOS_TS-11b yang kemudian saya sesuaikan dengan regulasi yang ada yaitu mengacu kepada juknis BOS tahun 2020. Sampai saat ini saya juga masih tetap tetap menggunakan aplikasi alpeka karena sangat mudah untuk diopersikan dan yang pastinya gratis tanpa harus beli.

Bagi yang belum terbiasa menggunakan aplikasi alpeka BOS dalam penyusunan laporan keuangan memang terkesan sulit, tapi percayalah jika anda sudah menguasainya pasti anda akan jatuh cinta karena jika sudah melakukan pengaturan yang tepat maka cukup sekali klik otomatis semua laporan pembukuan keuangan akan langsung jadi dalam sekejap seperti dalam pembuatan BKU, Buku Kas Tunai, Buku Kas Bank, Buku Pajak, K7 dan k7a, dan lampiran K7 termasuk RKAS didalamnya.

Jika anda suka atau penasaran ingin mencobanya, sebetulnya aplikasi alpeka BOS versi 10 komponen dan versi 12 komponen sudah saya share pada postingan saya yang berjudul Cara Mengisi Buku Kas Umum, Tunai, Bank, Pajak, K7 dan K7a dengan Aplikasi BOS. Untuk memperolehnya, silahkan anda kunjungi tautan tersebut ya! Karena di sana juga sudah tersedia video tutorial pengisiannya jika anda ingin tidak tahu cara memulainya harus dari mana.

Semoga dengan adanya aplikasi alpeka versi 10 komponen pembiayaan ini dapat memudahkan pekerjaan anda dalam penyusunan maupun pelaporan keuangan BOS reguler yang mana saat ini sudah diberlakukan sistem transaksi nontunai.

Kunjungi juga artikel lainnya yang masih erat kaitannya dengan pembukuan laporan BOS reguler tahun 2021-2022 :

  1. Cara Mengisi Formulir BOS K7b dengan Mudah (Register Penutupan Kas)
  2. Contoh Format SK Tim BOS Reguler Terbaru
  3. Cara Mengecek Dana BOS yang Diterima Sekolah

Demikian dan semoga membantu ya!


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT