Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Aplikasi e-rapor SD Versi Kemdikbud Terintegrasi Dapodik

Aplikasi e-rapor yang saya gunakan disini merupakan aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Direktorat pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Semoga dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan para guru tidak merasa kesulitan lagi dalam membuat rencana penilaian mengolah maupun membuat rapor siswa per semester.

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi rapor K13 versi 1.0 ini disusun dan disesuaikan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 23 tahun 2016 tentang standar penilaian pendidikan. Oleh karenanya saya rasa wajib untuk dicoba dan pastinya aplikasi e-rapor ini sudah terintegrasi dengan aplikasi dapodik, sehingga anda tidak perlu lagi menulis ulang bidata siswa/i seperti nama peserta didik, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nama orang tua, alamat rumah dan lain sebagainya.

Bagi anda yang ingin mencobanya silahkan unduh dulu terlebih dahulu aplikasinya yang terlampir di bawah ini dan astikan komputer atau laptop anda sudah terinstal aplikasi Dapodik yang terbaru:

e-rapor SD v.1.0
Aplikasi e-rapor SD K13 semester 1 tahun 2019-2020

Langkah-langkah instalasi aplikasi e-rapor:

  1. cari aplikasi e-rapor yang telah anda unduh tadi, kemudian klik kanan pilih Run as administrator
  2. tunggu proses instalasi-nya sampai dengan selesai;
  3. setelah aplikasi berhasil terinstal secara sempurna, selanjutnya buka aplikasi tersebut;
  4. untuk login pertama kali, silahkan masukkan username-nya adalah admin dan passwordnya adalah admin123456 dan pilih juga pada level user pada opsi admin, serta semester 1 tahun 2019-2020;
  5. setelah berhasil login, langkah selanjutnya yaitu tekan tombol ambil data Dapodik lalu pilih opsi "sinkron semua data";
  6. tunggu proses sinkronisasi sampai dengan selesai;
  7. setelah proses sinkronisasi selesai, selanjutnya pipih opsi Data User untuk kemudian tekan tombol Generate ulang user. Tahapan ini merupakan tahapan dalam pembuatan user id masing - masing guru dan password default login sebagai guru adalah 123456
  8. sekarang, silahkan anda coba login sebagai guru dan tugas selanjutnya yaitu melengkapi semua data-data yang diperlukan seperti nilai KKM dan predikat, bobot penilaian, tanggal lapor dicetak dan yang lain - lainnya lagi.

Kurang lebih seperti itulah gambaran sederhana yang dapat saya informasikan tentang tata cara install dan login ke dalam aplikasi e-rapor SD semester 1 tahun 2019-2020.

Panduan penilaian erapor K13
Panduan penilaian erapor SD K13 tahun 2019-2020
Panduan e-rapor SD 2019-2020
Panduan e-rapor SD K13 semester 1 tahun 2019-2020

Jika di atas adalah cara install dan login kedalam aplikasi e-rapor, maka berikut ini merupakan cara mengisi rapor di banyak laptop atau komputer dengan bantuan WLAN, hotspot atau wi-fi.

  1. pastikan komputer/laptop utama yang terinstal aplikasi e-rapor dan aplikasi dapodik dalam keadaan hidup serta terkoneksi dengan internet;
  2. selanjutnya samakan alamat IP address-nya. Jika tidak tahu, silahkan lihat postingan saya yang berjudul mengenal apa itu PMP. Disana telah saya tulis langkah - langkahnya tentang cara mengetahui alamat IP yang bisa anda baca pada paragraf ke-5 postingan tersebut;
  3. Contoh alamat IP yang saya pakai adalah 192.168.8.100, selanjutnya tambahkan alamat IP tersebut dengan angka :2689 (kodenyabisa berbeda - beda) di address bar chrome atau firefox sehingga menjadi 192.168.8.100:2689 kemudian tekan Enter.

  4. Jika berhasil maka tampilan browser anda akan muncul halaman utama dari aplikasi e-rapor.

Apabila mengalami kendala atau kesulitan tidak bisa mengerjakan di banyak komputer atau laptop silakan tinggalkan jejak pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar