Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Penyebab dan Cara Mengatasi Dapodik tidak Bisa Diinstal di Laptop (Problem Solved)

(PROBLEM SOLVED) awal kejadian ketika pertama kali laptop diinstal ulang dengan menggunakan sistem operasi Windows 10 versi yang paling baru ketika itu juga pada saat akan menginstal aplikasi Dapodik masalah terjadi yaitu aplikasi tidak bisa diinstal dengan keterangan VCRUNTIME140.dll was not found dan ada juga beberapa rekan operator sekolah mengalami kejadian yang sama namun keterangannya karena error (0x000007b).

Saya berpikir mungkin ini penyebabnya karena ada beberapa driver yang belum terpasang dan sistem operasi (OS windows) sudah terkena virus sehingga saya melakukan pemindaian scan, akan setelah melakukan semua pemeriksaan aplikasi dapodik masih saja tidak bisa di-instal di laptop meskipun kondisi laptop dalam keadaan baik.

Setelah melakukan beberapa percobaan dan Googling internet akhirnya saya menemukan salah satu software yang sangat membantu yang bernama vcruntime140missing. Setelah menginstal aplikasi tersebut akhirnya aplikasi dapodik dapat terinstal dengan sempurna di laptop.

Bagi anda yang mengalami hal serupa seperti yang cara alami silahkan gunakan software ini untuk di instalkan di laptop anda ada.

Langkah - langkah :

  1. ekstrak terlebih dahulu file yang telah anda unduh;
  2. Klik Kanan kotak merah pada gambar yang ada bawah ini kemudian pilih open atau bisa juga dengan double klik;
  3. tunggu proses instalasi sampai dengan selesai;

Sebelum menginstal VCRUNTIME140, apabila laptop anda sudah menginstal aplikasi dapodik namun gagal, sebaiknya lakukan clear cache terlebih dahulu untuk menghapus sisa-sisa sampah dan file registry. Cara melakukan clear cache dengan mudah bisa dengan menggunakan aplikasi CCleaner (tersedia versi gratis).


Setelah semua sampah laptop dibersihkan termasuk sampah yang ada pada file registry, silahkan restart laptop anda kemudian install VCRUNTIME yang saya bagikan diatas tadi. Setelah laptop menyala kembali, lanjutkan dengan menginstall aplikasi Dapodik seperti pada biasanya.

NOTE:

metode ini bisa diaplikasikan ketika laptop baru belum pernah diinstal Dapodik, laptop yang baru saja diinstall ulang, dan proses uninstal Dapodik yang tidak sempurna.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar