Skip to main content

Simpan dan Backup Database PMP Offline Supaya Aman

Sehubungan atas banyaknya kasus isian kuesioner PMP offline yang tidak tersimpan alias hilang ketika memperbaharui aplikasi ke versi yang terbaru, Oleh sebab itu pada ulasan kali ini saya akan berbagi tips dalam melakukan back up data PMP supaya isian kuesioner dari tiap responden tidak hilang ketika aplikasi diperbaharui.

Seiring maintenance yang sering terjadi dan aplikasi yang masih belum stabil tentunya akan menjadikan khawatiran tersendiri bagi para operator sekolah khususnya yang menangani aplikasi PMP ketika akan memulai mengisi data.

Jika anda pernah mengisi kuesioner dan ingin memperbaharui aplikasi sebaiknya backup data terlebih dahulu untuk menghindari data yang terisi menjadi hilang dan untuk langkah-langkahnya pun sangatlah mudah yaitu bisa dengan dilakukan secara manual ataupun melalui aplikasi backup dan restore database PMP offline 2019.12.18.

Berikut adalah langkah-langkah backup dan restore database PMP 2019 secara manual :

  1. masuk ke menu service dengan cara tekan tombol Windows + Q lalu tuliskan perintah service.msc kemudian tekan enter;
  2. Scroll ke bawah dan cari tulisan yang diawali dengan kata PMPDB.
  3. Setelah ketemu silahkan klik tepat pada PMPDB tersebut kemudian tekan opsi stop;


  4. sekarang buka file explorer kemudian klik tepat pada local disk C lalu masuk ke program file dan pilih folder EDSDikdasmen. Silahkan copy kedua folder database dan dataweb seperti pada gambar dibawah dan simpan file tersebut dimana anda akan menyimpannya;

  5. kembali pada service.msc yang tadi dibagian PMPDB untuk menekan tombol start.

Kurang lebih seperti itu langkah-langkah backup database PMP offline 2019.12.18. Sedangkan untuk merestore atau mengembalikan database PMP tersebut caranya sangatlah mudah tinggal copy dan paste-kan database yang telah anda simpan tadi kedalam folder EDSDikdasmen.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

CATATAN:

Admin tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan setelah melakukan cara diatas aplikasi menjadi error sehingga mengharuskan anda melakukan instalasi ulang aplikasi dari awal.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 BERPUSAT