Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Solusi Terakhir Jika Isian PMP tidak Bisa 100 Persen

Jika anda merupakan guru yang ditugasi sebagai operator sekolah khususnya dalam menangani PMP 2019 dan tidak begitu paham betul mengenai cara pengisian kuesioner nya pada masing-masing responden karena seperti yang kita ketahui pada tahun 2019 ini nyatanya aplikasi PMP banyak sekali masalah pada aplikasinya. Oleh sebab itu anda sebagai operator harus bisa mencari informasi untuk mendapatkan solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut.

Apakah anda sudah tahu berapa kali aplikasi PMP (EDSDikdasmen) mendapat pembaharuan? sampai dengan pertengahan bulan Desember ini aplikasi PMP sudah mendapatkan 3 kali pembaruan di mana yang pertama merupakan versi awal yaitu versi 2019.11.18, selanjutnya 2019.11.21 dan yang sekarang merupakan aplikasi versi final yaitu versi 2019.12.18 yang merupakan solusi atas banyaknya permasalahan pada aplikasi PMP seperti yang telah saya Sebutkan di atas khususnya pada progres kuesioner yang tidak sampai 100 persen dan gagal sinkronisasi.

Apabila sekolah Anda masih menggunakan aplikasi PMP versi lama sebaiknya melakukan pembaharuan dengan menginstal versi Path dan apabila pada komputer/laptop anda belum terinstal sama sekali aplikasi tersebut, sebaiknya langsung saja menginstal full installernya. Versi patch hanya dapat digunakan jika di komputer/laptop anda telah terinstal aplikasi PMP versi lama. Untuk memperolehnya silahkan anda kunjungi tautan berikut ini :

  1. PATCH EDS DIKDASMEN OFFLINE versi 2019.12.18 (23,3 MB)
  2. FULL INSTALLER EDS DIKDASMEN OFFLINE versi 2019.12.18 (80,3 MB)

Untuk solusi supaya progres pengisian kuesioner PMP menjadi 100% pada aplikasi versi final, mari ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

  1. Setelah anda berhasil mengisi semua kuesioner pada masing-masing responden jangan lupa tekan tombol HITUNG REKAP KEMAJUAN ANDA;
  2. Setelah menekan hitung rekap kemajuan anda, selanjutnya kembali ke menu home (logo rumah), maka secara otomatis akan muncul opsi KONVERSI. Silahkan pilih opsi tersebut, maka kuesioner yang telah anda isi tadi akan menjadi 100%.

Jika gambar diatas dirasa masih kurang jelas untuk dipahami, simak juga video tutorialnya berikut ini :


Sedangkan untuk sukses sinkronisasi PMP, kini lebih terjadawal di mana untuk hari :

  1. Senin adalah jadwalnya provinsi Jawa Barat, Aceh, DI Yogyakarta, Jambi dan luar negeri;
  2. Selasa jadwalnya provinsi Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara;
  3. Rabu jadwalnya Provinsi Jawa Timur, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Bangka Belitung, dan Papua Barat;
  4. Kamis jadwalnya Provinsi DKI Jakarta, Gorontalo, Kepulauan Riau, Bengkulu, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bali, dan Banten;
  5. Jum'at jadwalnya Provinsi Sumatera Utara, Papua, Maluku, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan;
  6. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu merupakan jadwalnya untuk semua provinsi.

Demikian yang dapat saya sampaikan dan informasi yang saya tulis disini bersumber dari halaman resmi PMP dikdasmen kemdikbud.go.id

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar