Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Error Tidak Bisa Koneksi ke Database PMP1001 (EDSDikdasmen 2019.12.18)

Sampai saat ini aplikasi PMP ternyata masih banyak kendala seperti yang akan saya jelaskan pada postingan ini tentang cara mengatasi tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP 1001. Pada permasalahan ini sebetulnya banyak penyebabnya dan bukan hanya kesalahan dari aplikasi PMP-nya saja, akan tetapi bisa juga disebabkan karena komputer/laptop yang pakai telah terinfeksi oleh virus atau tidak pernah melakukan pembaharuan sistem operasi sama sekali.

sebelum menginstal atau terlanjur sudah menginstal aplikasi PMP versi final, saran saya sebaiknya lakukan pemindaian (scan) dahulu dengan menggunakan anti-virus untuk mengetahui apakah komputer/laptop tersebut sudah terinfeksi virus maupun malware atau tidak dan pastikan juga anda sudah melakukan pembaharuan pada sistem operasi-nya (jika menggunakan Windows 10 silakan di-update sistem operasinya).

Selanjutnya jika masih juga error dengan keterangan tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001, cobalah lakukan cara berikut ini :

  1. tutup aplikasi PMP
  2. buka menu pencaharian, jika menggunakan Windows 10 silakan tekan tombol windows + Q
  3. pada kolom tersebut silakan Tuliskan perintah service
  4. setelah jendela service muncul silahkan cari nama PMPPDB dan PMPWebSrv
  5. jika kondisinya dalam keadaan start, silahkan klik start.namun jika Kondisinya sudah berjalan silahkan klik pada restart
  6. Setelah semua langkah-langkah di atas telah anda praktekan, silahkan buka kembali aplikasi PMP-nya kemudian di refresh dengan menekan tombol ctrl + F5

Pastikan anda sudah menginstal aplikasi PMP versi final yaitu versi 2019.12.18 dan saya ingat lagi untuk memasang anti-virus yang bagus supaya tidak terkena virus atau malware serta update sistem operasi pada komputer yang anda pakai.

contoh anti-virus yang menurut saya bagus adalah Kaspersky dan ESET NOD32 dan saya sendiri telah menggunakan salah satu dari kedua anti-virus tersebut.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga masalah tidak bisa melakukan koneksi dengan database PMP1001 dapat teratasi dan anda pun dapat melakukan sinkronisasi dengan lancar.

UPDATE INFORMASI

Sehubungan saat ini rapor mutu masih 7 standar (itu berarti masih kurang satu standar lagi), maka setelah libur Natal dan tahun baru akan kembali dirilis versi Patch yang terbaru. Oleh sebab itu jangan terburu-buru mengisi rapor mutu karena waktunya masih panjang.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar