Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Beda Cara Sinkronisasi Dapodik 2020a dengan 2020b Semester 2

Dapodik versi 2020b sudah dirilis, saatnya operator sekolah untuk segera melakukan pembaharuan aplikasi ke versi 2020b supaya dapat melakukan sinkronisasi semester 2. Terdapat perubahan yang cukup signifikan pada versi yang terbaru ini, khususnya dalam hal sinkronisasi.

Jika anda sudah melakukan pembaharuan ke versi patch 2020b, maka saat anda login dengan menggunakan akun operator sekolah tidak akan muncul opsi sinkronisasi dikarenakan opsi tersebut hanya dapat dilakukan melalui akun Kepala Sekolah. Oleh sebab itu sebaiknya jangan panik terlebih dahulu ya. Pastikan juga sebelum melakukan pembaharuan aplikasi, ada baiknya selalu membaca petunjuk instalasi aplikasi dapodik.

Oh iya, setelah anda berhasil melakukan update aplikasi, maka akan ditemui beberapa data invalid pada menu sekolah, sarpras, dan rombongan belajar. Namun jangan khawatir, cukup geser ke menu aksi saja dan memilih opsi Lanjutkan Semester.

Bagi para operator sekolah senior, mungkin trik tersebut sudah tidak asing lagi. Berbeda denga opertor yang baru menjabat, pastinya akan melakukan perbaikan data semester 2 secara manual yang menurut saya justru akan memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan opsi menu aksi supaya pekerjaan anda dapat selesai dengan cepat.

Disamping hilangnya menu sinkronisasi, ada hal penting lain yang perlu anda ketahui jika kepala sekolah anda terkena mutasi yaitu proses tarik PTK/GTK harus melalui admin dinas, artinya setelah anda melakukan tarik GTK, maka anda wajib melaporkan GTK tersebut ke admin dinas kab/kota kepsek tersebut menjadi aktif dan anda dapat melakukan sinkronisasi tanpa ada kendala.

DOWNLOAD
Panduan dapodik versi 2020b semester 2

Tambahan bagi sekolah yang melakukan instalasi ulang atau instal baru, pastikan untuk mengunduh versi full aplikasi dapodik 2020a. Setelah itu lakukan registrasi seperti biasa (disarankan registrasi sevara offline), kemudian unduh patch dapodik 2020b.

Apabila mengalami kesulitan atau terdapat temuan yang menyebabkan aplikasi tidak dapat beroperasi, silahkan tuliskan permasalahan anda pada kolom komentar dibawah. Jika saya tidak sedang sibuk akan saya respon secepatnya. Terima kasih.

UPDATE

Rilis update Dapodikdasmen Versi 2020.b Patch 1 bisa langsung menuju web resminya di url https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodikdasmen-versi-2020-b-patch-1

Pastikan untuk selalu menginstal versi aplikasi secara berurutan!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar