Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Memperbaiki NIK Peserta Didik di Dapodik yang Terkunci

Setelah dirilisnya aplikasi dapodikdasmen semester 2 versi 2020b maupun versi 2020b patch 1, kini fitur edit data pada kolom NIK sudah tidak bisa digunakan lagi karena sudah terkunci. Satu - satunya cara yang dapat dilakukan operator sekolah untuk memperbaiki kesalahan NIK yaitu melalui vervalpd.

Dengan adanya artikel yang saya tulis ini semoga dapat anda pahami mengenai alasan kolom NIK yang sengaja dikunci untuk mengurangi adanya data yang tumpang tindih. Seperti yang diketahui apabila dilihat pada verval PD, maka terlihat banyak sekali data yang menunjukan invlid pada kolom NIK.

Mohon untuk diperhatikan juga apabila anda ingin memperbaiki data peserta didik yang masih terdapat kesalahan seperti nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, NIK peserta didik, dan nama ibu kandung, proses perbaikan hanya dapat dilakukan sebanyak 3 kali. Artinya anda hanya memiliki kesempatan perbaikan hanya 3 kali. Oleh sebab itu, pastikan data yang anda input harus benar - benar akurat.

Pada versi dapodik 2020b patch 1, perbaikan data yang dapat dilakukan pada aplikasi dapodik hanya sebatas pada kolom nomor KK, nomor akta, alamat, peta lokasi, dan nama ayah kandung yang menurut saya sering kali diperbaiki.

Cara Edit NIK Peserta Didik (Siswa) di VervalPD

Sebelum anda melakukan perbaikan, pastikan anda telah mempersiapkan beberapa dokumen seperti scan KK dan scan akta lahir dengan ukuran tidak boleh melebihi 1 MB. Berikut ini merupakan langkah - langkah yang dapat anda praktekan pada saat melakukan perbaikan NIK peserta didik melalui laman verval PD, diantaranya yaitu :

  1. Buka halaman Verval PD;
  2. Login dengan menggunakan email dan password sebagai operator dapodik (untuk password bisa menggunakan password lama atau password baru, tergantung password mana yang dapat dipakai);
  3. Pada halaman verval PD, silahkan anda pilih opsi Identitas, lalu cari nama siswa yang akan diperbaiki NIK-nya pada kolom Daftar Siswa;
  4. Pastikan indeks validasinya melebihi sama dengan 70. Apabila kurang dari 70, anda tidak dapat memperbaiki data kesalahan tersebut. Apabila validasinya menunjukan angka 70 atau lebih, silahkan anda lakukan perbaikan Baru;
  5. Tekan tombol Validasi Data supaya muncul kolom upload dokumen. Nah, pada tahap ini silahkan anda upload dokumen akta lahir atau KK;
  6. Done.

Setelah proses perbaikan tersebut selesai anda lakukan, tunggu paling cepat 1 x 24 jam sampai usulan anda disetujui oleh admin dinas kab/kota setempat. Apabila ajuan anda disetujui, silahkan lakukan sinkronisasi aplikasi dapodik anda agar hasil perbaikan tersebut masuk kedalam sistem dapodik.

Kurang lebih seperti itulah langkah - langkah tentang perbaikan NIK peserta didik yang dapat saya jabarkan. Apabila anda menmukan kesulitan atau ada pertanyaan yang mengganjal, jangan sungkan untuk bertanya ya. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar