Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Catat! Perbaikan Data NUKS Kepala Sekolah Tidak Melalui LPPKS lagi

Sudah cukup lama juga saya tidak melakukan update data NUKS kepala sekolah karena tidak adanya rotasi. Namun tahun ini ternyata ada beberapa kepala sekolah yang terkena rotasi termasuk di sekolah tempat saya kerja dan ketika akan melakukan update data induk kepsek, kini situs lppks.kemdikbud.go.id sudah tidak lagi melayani update data.

Artikel ini sengaja saya tulis guna menginformsikan kembali kepada anda para pembaca setia blog berpusat.com supaya yang tidak tahu menjadi tahu. Sebelumnya saya sudah berbagi tutorial tentang cara upload data NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah), Sehubungan karena situs LPPKS sudah tidak bisa lagi digunakan untuk update data, maka alternatif lain untuk update-nya yaitu melalui aplikasi Dapodikdasmen.

Upload data NUKS melalui aplikasi dapodikdasmen ini sudah sesuai dengan himbauan yang tertera pada situs LPPKS ketika anda membuka url lppks.kemdikbud.go.id/sttpp dan mendapai informasi yang tertera seperti pada gambar berikut.

Jadi, jika anda ingin memperbahaui data NUKS kepala sekolah anda, cukup inputkan nomor NUKS-nya secara otomatis datanya akan berubah mengikuti data yang ada pada aplikasi dapodikdasmen. Apabila anda lupa dengan nomor NUKS tersebut, cara mengetahuinya bisa melalui situs LPPKS Kemdikbud dengan cara :

  1. Buka url situs http://lppks.kemdikbud.go.id/sttpp lalu setelah halaman tersebut terbuka, silahkan anda tekan tombol CARI STTPP;
  2. Pada kolom pertama, masukan nomor NIP atau nomor NUPTK atau juga nomor NRKS, kemudian pada kolom kedua masukan nama lengkap anda;
  3. Pilih lokasi anda dengan cara menekan tombol Cari berdasarkan wilayah;
  4. Tekan tombol Cari Sekarang;
  5. Selesai.

Setelah nomor NUKS anda tampil dihasil pencarian tersebut, catat dan inputkan diaplikasi dapodikdasmen.

Kurang lebih seperti itu langkah - langkah update data NUKS pada aplikasi dapodekdasmen. Bagaimana? apakah sudah cukup jelas?

Demikian yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar