Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Panduan Singkat Simpan dan Cetak (Print Out) File Info GTK V.2020.1.0

Kepada para ASN yang terhormat penerima tunjangan profesi guru (TPG), sudahkah anda mengecek status TPG anda untuk memastikan seluruh data anda telah valid? Jka telah valid dan telah diverifikasi, maka dalam waktu dekat segerta terbit SK TPG yang berarti tunjangan anda segera cair.

Namun, apabila status GTK anda tidak valid, sebaiknya segera perbaiki kembali melalui aplikasi dapodikdasmen. Sebetulnya untuk melakuan perbaikan data GTK ini bukanlah tugas operator sekolah, mengingat semua GTK yang terdaftar pada aplikasi dapodikdasmen bisa melakukannya secara mandiri. Akan tetapi jika anda belum begitu mahir dalam komputer, disarankan untuk meminta bantuan operator sekolah untuk memperbaiki data anda yang tidak valid tersebut.

Perlu saya ingatkan kembali bahwa pada saat perbaikan data, usahakan operator sekoah didampingi supaya data yang diinput tidak salah. Nah. pada kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang data mana saja yang biasanya menyebkan ststus GTK tidak valid karena sudah saya bahas pada artikel - artikel sebelumnya. Silahkan anda lihat kembali artikel saya yang sebelum - sebelumnya.

Melalui artikel ini saya hanya berbagi tips tentang cara menyimpan atau mencetak (print out) file info GTK supaya tidak terpotong, mengingat masih adanya beberapa OPS yang masih belum tahu triknya (mohon jangan tersinggung ya rekan ops).

Simpan dan Cetak (Print Out) File Info GTK V.2020.1.0

Agar file info GTK yang akan anda cetak maupu disimpan dalam format pdf supaya tidak terpotong - potong, maka tentukan dulu jenis ukuran kertas yang akan dipakai, apakah ukuran kerrtas A4 atau ukuran kertas F4 (legal). Selanjutnya atur juga pada bagian margin atas - bawah dan margin kiri - kanan. Supaya lebih jelas, mari simak panduannya seperti berikut ini:

  1. Siapkan kertas, misalnya kertas ukuran F4 dan hidupkan sambungkan printer ke laptop;
  2. Login ke Info GTK;
  3. Setelah berhasil login, pada bagian pojok kanan atas akan ada menu Cetak Pdf/printer, silahkan anda tekan tombol tersebut (Jika tombolnya tidak berfungsi, tekan tombol CTRL + P);
  4. Pada bagian Margin, pilih menjadi sesuaikan, kemudian atur margin atas dan bawah supaya tidak ada yang terpotong (perhatikan garis titik - titik)
  5. Setelah dirasa tidak ada file yang terpotong, akhiri dengan menekan tombol Simpan atau Print file tersebut.

Kurang lebih seperti itu gambaran yang dapat saya jelaskan. Apabila setelah menekan tombol Cetak Pdf/printer atau dengan menekan tombol CTRL + P tampilan layar menjadi blank, silahkan hapus cache pada browser anda.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar