Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Link Cek Status Penerima PIP SD/SMP/SMA/SMK Tahun 2020

Kepada bapak/ibu, ayo coba dicek apakah anak anda mendapatkan dana bantuan PIP atau tidak? jika ya, segera konfirmasi ke sekolah untuk informasi lebih lanjut tentang cara mencairkannya ya. Mengingat pencairan PIP seharusnya tidak boleh dikolektif untuk menghindari adanya penyelewengan, artinya anda sendirilah yang harus mencairkannya.

Jadi begini loh bapak/ibu, tentang dana PIP ini kalau bisa anda itu harus mampu untuk saling berkomunikasi dengan pihak sekolah tentang cara dan syarat apa saja yang harus diperlukan untuk mencairkan dana PIP jika memang anak anda layak mendapatkan PIP. Dana PIP bisa cair kalau anda (atas nama anak) telah melakukan aktivasi rekening ke bank BRI terdekat. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan yang ditampilkan pada dashboard PIP SD :

Jika anda sudah melakukan aktifasi rekening tabungan di bank BRI, silahkan anda koordinasi dengan pihak bank untuk melalukan print out rekening PIP dan segera cairkan jika memang dana PIP-nya sudah masuk.

Namun apabila anda tidak penah melakukan aktifasi rekening tabungan karena tidak tahu dan pihak sekolah pun mungkin saja lupa untuk memberitahukannya, maka saran saya sebaiknya lakukan pengecekan secara mandiri untuk memastikan apakah anak anda dapat dana PIP atau tidaknya. Untuk link pengecekannya, silahkan anda kunjungi Program Indonesia Pintar.


Perhatikan gambar diatas! setelah anda membuka link halaman Program Indonesia Pintar, silahkan anda pilih pada bagian "Cek Penerima PIP". Selanjutnya masukan nomor NISN, tahun-bulan-tanggal lahir, dan nama ibu kandung pada masing - masing kolom yang tersedia, kemudian akhiri dengan menekan tombol "Cek Data".

Apabila nama anak anda muncul, segera datang ke bank untuk menanyakan syarat aktifasi rekening tabung siswa penerima PIP. Catat persyaratan yang diperlukan tersebut, kemudian datanglah ke sekolah untuk melakukan konfirmasi nama anak anda. Selain itu, mintalah bantuan untuk melengkapi persyaratannya.

Setelah semua persyaratan sudah anda lengkapi, silahkan anda datang kembali ke bank BRI untuk memberikan dokumen peryaratan aktifasi rekening tabungan. Selebihnya tunggu informasi dari pihank bank pembuat rekening tabungan.

Apabila anda sudah paham, ajari tetangga anda yang tidak mampu dalam artian gaptek alias gagap teknologi untuk melakukan pengecekan secara mandiri atau suruh datang kesekolah untuk menanyakan apakah anaknya mendapatkan bantuan PIP atau tidak, nanti pihak sekolah akan memberikan arahan sampai bisa dipahami dengan jelas.

Catatan: Apabila anda kalimat yang keliru, mohon dikoreksi. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar