Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Jangan Panik Jika Tidak Bisa Update ARKAS Ke-Versi Terbaru

Hallo sahabat ops BOS, sudah pada tahu apa belum nih kalau saat ini aplikasi ARKAS sudah sampai ke versi 2.03 loh. Jika aplikasi anda masih stay diversi 2.02, disarankan untuk segera melakukan pembaharuan keversi yang paling baru, mengingat ada beberapa perbaikan dan penambahan fitur keamanan yang seharunya aplikasi dapat bekerja secara maksimal lagi.

Sekedar mengingatkan saja nih, apabila aplikasi ARKAS tidak bisa update "gagal download update", sebaiknya jangan panik karena penyebab dari aplikasi tidak bisa update disebebkan karena server dari sananya yang memang sedang gangguan (maintenance). Jika anda tidak bisa melakukan pembaharuan aplikasi hari ini, silahkan coba kembali esok hari disaat jam - jam yang tidak sibuk.

Untuk diketahui juga bahwa untuk bisa melakukan pembaharuan aplikasi ARKAS versi 2.02 keversi 2.03, ada 2 (dua) cara yang dapat anda coba, yang pertama bisa update secara otomatis dari aplikasinya dan yang kedua bisa update secara manual. Untuk cara update secara otomatis silahkan anda ikuti langkah - langkahnya seperti berikut :

  1. Pastikan laptop terhubung dengan koneksi internet;
  2. Buka aplikasi ARKAS v2.02, maka secara otomatis akan tampil notifikasi update ARKAS keversi 2.03;
  3. Apabila setelah membuka aplikasi ARKAS tidak tampil notifikasi pembaharuan, silahkan anda pilih menu "Utilitas" dan pilih opsi "Check Update".

Jika masih mengalami gagal update juga, silahkan anda unduh pembaharuannya secara manual melalui link http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download (link tautan sengaja tidak saya aktifkan karena sering error, silahkan anda copas saja alamat url-nya).

Berikut adalah daftar pembaharuan pada aplikasi ARKAS BOS versi 2.02 tahun 2020 :

  1. Perbaikan sinkron bermasalah
  2. Penambahan menu ganti kode aktivasi untuk keamanan
  3. Perbaikan sinkron data Guru dan Tenaga Kependidikan
  4. Perbaikan sinkron jumlah siswa
  5. Penambahan tarik referensi sebelum pengajuan pengesahan
  6. Perbaikan cek status
  7. Penambahan validasi kode aktivasi
  8. Penambahan validasi rekening saat pengesahan
  9. Penambahan validasi barang saat pengesahan
  10. Penambahan hapus BKU akhir tahap 2 dan tahap 3
  11. Perbaikan hapus BKU penerimaan tidak terupdate
  12. Perbaikan regional setting mengikuti setting komputer
  13. Penyesuaian pajak PPn terbaru
  14. Penambahan bunga bank dan pajak pada 2020
  15. Perbaikan pilihan print SiLPA
  16. Perbaikan BKU SiLPA
  17. Penambahan pilihan penggunaan pajak
  18. Perbaikan Dashboard terhitung lebih besar
  19. Perbaikan Laporan Penggunaan
  20. Penutupan Versi 2.02 (harus Update ke 2.03)

Perbaikan keamanan pada versi 2.03 adalah database yang aktif hanya satu untuk masing masing sekolah. jika sekolah terdeteksi menggunakan 2 database dalam komputer yag berbeda maka lakukan reset data sekolah dan input kembali Kode Aktivasi.

Reset data sekolah pada Manajemen RKAS, fitur tersebut untuk mereset data (hapus semua anggaran dan BKU). setelah direset sekolah bisa melakukan sync kembali, fitur keamanan ini digunakan untuk menghindari adanya pengguna Aplikasi yang tidak bertanggung jawab.

Warna validasi pada Kertas Kerja:

  1. Merah menandakan ada kode rekening yang sudah dihapus di dinas tetapi sekolah masih menggunakan, cara menyelesaikannya ganti kode rekening.
  2. Biru Dongker menandakan ada referensi barang yang sudah dihapus oleh dinas tetapi sekolah masih menggunakan, cara menyelesaikannya ganti kode barang.

Silahkan dibaca dan dipahami dengan baik agar dapat dimengerti. Sekian dan terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar