Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Cek Nomor NTPN Via DJP Online Melalui Link Berikut

Nomor Transaksi Penerimaan Negara atau biasa disingkat dengan sebutan NTPN merupakan kode unik dari bukti penerimaan pajak yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka dengan jumlah karakter sebanyak 16 digit. Setiap WP, dalam hal ini adalah bendahara sekolah yang telah melakukan pembayaran pajak melalui bank atau kantor post biasanya akan mendapatkan kode NTPN.

Biasanya kode NTPN tersebut akan sangat diperlukan ketika ada audit dari BPKP terkait dengan pembayaran pajak yang bersumber dari dana BOS. Ada beberapa faktor yang sering dialami oleh bendahara sekolah ketika akan merekap nomor NTPN, seperti nomor NTPN yang tidak jjelas, tercecer, tidak valid atau hilang. Oleh karenanya, jika anda mengalami hal tersebut sebaiknya jangan panik dulu ya, sebaiknya ikuti langkah -langkah yang akan saya bagikan disini.

Untuk mengetahui nomor NTPN yang tidak jelas, tercecer, tidak valid atau hilang, silahkan anda catat nomor ID billing-nya terlebih dahulu. Setelah nomor ID billingnya sudah anda catat, silahkan anda buka halaman Rumah Konfirmasi Dokumen, kemudian login dengan menggunakan nomor NPWP dan password yang biasa anda gunakan pada saat membuat kode billing.

Setelah "Rumah Konfirmasi Dokumen" terbuka, silahkan anda pilih tepat pada menu Konfirmasi NTPN. Pilih kode billing pada kolom pencarian dan masukan nomor ID billing pada kolom kata kunci, jangan lupa masukan juga kode captcha pada kolom "isikan kode keamanan" dan terkahir tekan tombol CARI. Agar lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut :

Jika nomor ID billing yang anda masukan sudah sesuai dan kode captcha yang anda isikan pada kolom "isikan kode keamanan" sudah benar, maka nomor NTPN-nya akan muncul setelah anda menekan tombol "CARI".

Bagaimana? sangat mudah bukan? Intinya tidak ada yang sulit selama kita mengetahui caranya :-D

Selamat mencoba!

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar