Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Membuka File Microsoft Word yang Terkunci (Proteksi) Karena Lupa

Tujuan artikel ini dibuat hanya untuk media edukasi saya saja, mengingat manusia adalah tempatnya lupa. Oleh karenanya apabila file microsoft word yang sebelumnya telah anda kunci, namun anda sendiri lupa akan passwordnya (kata kuncinya), maka cara membuka agar file tersebut dapat diedit atau diperbaharui kembali isinya ternyata sangatlah mudah loh. Mau tahu caranya? simak terus artikelnya sampai selesai ya!

Sebelumnya saya sudah membagikan tutorial tentang cara mengunci file microsoft word agar tida dapat diedit atau dicopy paste oleh orang lain. Silahkan anda baca terlebih dahulu artikel tersebut supaya anda dapat lebih paham dasar - dasarnya.

Biasanya untuk membuka file Microsoft Office Word yang sudah anda buatkan password sebelumnya, yakni melalui menu Review dan menu Restrick Editing, kemudian tekan tombol Stop Protection dan tinggal masukan passwordnya. Namun lain ceritanya apabila anda sendiri lupa akan passwordnya. Jika anda lupa password Microsoft Office Word, silahkan ikuti langkah - langkahnya seperti berikut.

Buka File Microsoft Word yang Dikunci Dengan Bantuan Notepad

Agar file anda dapat dibuka dan dapat diedit kembali isinya tanpa harus memasukan password, maka langkah - langkahnya yaitu :

  1. Buka file Microsoft Word yang terkunci tersebut;
  2. Setelah file terbuka, silahkan anda simpan kembali dengan menggunakan menu Save as, kemudian Save as type-nya (formatnya) anda pilih pada Web Page;
  3. Buka kembali file yang berformat "web page" tersebut dengan cara klik kanan pilih Open with Notepad;
  4. Cari dan temukan kode UnprotectPassword. Jika ingin cepat, gunakan perintah CTRL + F;
  5. Hapus 2 baris kode yang saya tandai seperti gambar dibawah ini;
  6. Simpan kembali file tersebut, kemudian buka kembali dengan cara klik kanan Open with Microsoft Word;
  7. Convert file ke HTML Document;
  8. Pilih menu Review dan menu Restrick Editing, kemudian tekan tombol Stop Protection;
  9. Selesai dan sekarang isi dari file tersebut dapat anda edit atau anda perbaharui kembali isinya.

Agar tampilan dari file microsoft word yang telah anda buka kuncinya menadi normal, silahkan pilih menu View dan pilih pada bagian Print Layout.

Bagaimana? sangat mudah bukan? sekali lagi mohon untuk diperhatikan bahwa artikel ini dibuat hanya sebagai media edukasi saja, bukan untuk disalahgunakan. Terima kasih atas kerjasamanya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar