Skip to main content
JAP BERPUSAT

follow us

Cara Mencairkan Saldo Kartu Prakerja Via Akun LinkAja, Gopay dan OVO

Berikut ini saya mencoba berbagi tips tentang cara mencairkan saldo dari akun kartu prakerja.go.id via aplikasi LinkAja, Gopay dan OVO. Bagi anda yang sudah mengikuti pelatihan dan sudah mendapatkan sertifikat elektronik, selanjutnya anda anda buat akun virtual (virtual account) atau e-wallet.

Agar tidak terkesan bertele - tele, langsung saja disimak langkah - langkahnya seperti yang terlampir dibawah ini :

Mencairkan Saldo Kartu Prakerja Via Akun LinkAja

Untuk mencairkan saldo kartu prakerja via LinkAja, sebelumnya anda harus memiliki akun dan aplikasi LinkAja yang perlu anda instal keperangkat seluler anda.

Apabila anda sudah punya akun dan aplikasi LinkAja, melalui akun tersebut, silahkan anda pilih penyaluran dana insentif Program Kartu Prakerja melalui LinkAja dan jangan lupa nyalakan notifikasi untuk mengetahui insentif tersebut akan masuk keakun LinkAja milik anda. Jika saldo sudah masuk dan anda ingin mencairkan saldo tersebut, langkah - langkahnya adalah :

  1. Buka aplikasi LinkAja;
  2. Ketuk pada menu "Kirim Uang";
  3. Pilih "Transfer" ke rekening bank tujuan;
  4. Masukan nomor rekening bank tujuan, nama pemilik rekening, dan tuliskan jumlah uang yang akan anda cairkan;
  5. Done.

Apabila anda ingin mencairkan saldonya melalui transfer antar bank (selain dari bank BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN), anda akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 6.500,- (Enam Ribu Lima Ratus Rupiah).

Mencairkan Saldo Kartu Prakerja Via Akun Gopay

Bagi anda yang ingin menggunakan akun Gopay sebagai alternatif pencairan insentif kartu prakerja (khususnya mitra dan rekanan usaha gojek), anda dapat menggunakan alamat email dan nomor ponsel yang terdafar di Gojek.

Pastika akun Gopay anda adalah akun Gopay plus ya! jika belum diubah ke Gopay plus, langkah - langkahnya seperti berikut ini :

  1. Buka aplikasi Gojek, kemudian pilih menu lainnya yang terletak pada bagian atas dari deretan menu Gopay;
  2. Ketuk pada bagian banner "Upgrade ke GoPay Plus Gratis";
  3. Siapkan dokumen berupa KTP. Jika sudah menyiapkan KTP, silahkan anda pilih opsi "Upgrade Sekarang";
  4. Upload foto KTP beserta foto seflie anda sedang memegang KTP;
  5. Ikuti terus langkah - langkahnya sampai akun Gopay anda menjadi akun Gopay Plus;
  6. Done.

Jika yang tadi itu adalah langkah - langkah mengubah akun Gopay menjadi Gopay Plus, maka yang berikut ini adalah cara mencairkan saldo kartu prakerja :

  1. Buka kembali aplikasi gojek anda;
  2. Ketuk pada bagian "Bayar" yang ada dimenu Gopay tersebut;
  3. Pilih cara pembayaran via rekening bank untuk transfer saldo GoPay;
  4. Pilih Transfer instan ke rekening baru. Sampai pada tahapan sini, silahkan anda tentukan nama bank tujuan, masukan nomor rekening tujuan, nama pemilik rekening, dan jangan lupa isikan jumlah saldo yang akan anda cairkan tersebut;
  5. Ketuk pada bagian "Konformasi";
  6. Done.

Mencairkan Saldo Kartu Prakerja Via Akun OVO Premier

Apabila anda ingin mencairkan saldo kartu prakerja via OVO, anda harus menggunakan nomor HP aktif pada saat membuat akun OVO (registrasi akun). Selain itu, anda juga diwajibkan untuk meng-upgrade akun anda ke OVO Premier.

Setelah akun akan berhasil diupgrade ke akun OVO Premier, selanjutnya anda dapat mencairkan saldo akun kartu prakerja via OVO Premier agar bisa ditransfer ke rekening anda, langkah - langkahnya yaitu :

  1. Buka aplikasi OVO;
  2. Ketuk menu transfer dan nama bank tujuan;
  3. Masukan nomor rekening tujuan dan jumlah saldo yang akan anda cairkan (transfer);
  4. Done.

Pencairan saldo kartu prakerja via OVO akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500,- (Dua ribu Lima Ratus Rupiah) untuk sekali transaksi. Jika pencairannya lebih dari satu kali, maka akan berlaku kelipatannya.

Demikianlah langkah - langkah tentang cara mencairkan saldo kartu prakerja via akun Via LinkAja, Gopay dan OVO yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang lebih dulu di Pustaka Edu dengan judul : Langkah Pencairan Saldo Kartu Prakerja Via Gopay, LinkAja dan OVO.

You Might Also Like:

Comment Policy: Berikan komentar yang sesuai dengan tema pada postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar